Breaking News:

Umbul Gedongjetis Diperluas, Disparbudpora Klaten Minta ODCB yang Ditemukan untuk Dikumpulkan

Umbul Gedongjetis yang berada di Desa Gedongjetis, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diperluas oleh pemerintah

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Suasana proses perluasan Umbul Gedongjetis, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Umbul Gedongjetis yang berada di Desa Gedongjetis, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diperluas oleh pemerintah desa setempat.

Umbul tersebut diketahui memiliki banyak cerita dan terdapat sejumlah Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang berada di sekitar lokasi umbul.

Dinas Pariwisata Budaya dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Klaten meminta temuan ODCB yang berada di sekitar lokasi untuk dikumpulkan pada satu titik.

"Kami titip batu ini dan minta untuk dikumpulkan jadi satu. Batu ini kemungkinan seratusan ada jumlahnya," ujar Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora, Yuli Budi Susilowati, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Ombudsman Turunkan 3 Tim untuk Tindaklanjut Dugaan Penyiksaan di Lapas Narkotika Yogyakarta

Menurutnya, pihak desa sudah lama merencanakan revitalisasi umbul Gedongjetis tersebut agar lebih luas dan lebih maksimal dalam menampung warga.

"Pemerintah desa ini sudah merencanakan sejak lama. Awalnya memang tidak tahu jika di bawah (umbul) ada bebatuan seperti itu," ucap dia.

Ia menyebut jika pihaknya juga telah mencari informasi terkait asal usul batuan yang diduga ODCB yang berada di dasar umbul tersebut.

"Setelah kita tanya-tanya sesepuh sekitar desa ini juga tidak tahu itu bentuk aslinya seperti apa. Perkiraan kami sementara, batu ini diduga ada di kolam ini sudah disusun ulang," ulasnya.

Setelah adanya temuan batuan tersebut, lanjut Susi pengerjaan revitalisasi akan tetap berjalan, namun ia meminta jika ada temuan ODCB diharapkan untuk dikumpulkan pada satu titik.

"Sementara untuk menaikan batu itu tetap dilanjut dan nanti akan kita seleksi, lihat dan kemudian kita akan koordinasi dengan BPCB dan Balar untuk tindak lanjutnya," urainya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved