Breaking News:

Selain Covid-19, Epidemiolog UGM Imbau Warga Waspadai Penyakit Musiman Selama Musim Penghujan Ini

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dihadapkan dengan ancaman penularan DBD, leptospirosis dan flu

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Memasuki musim penghujan, Epidemiolog UGM dr. Citra Indriani, M.P,H meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD), leptospirosis, diare, malaria dan flu selain penularan Covid-19.

Menurut dosen FKKMK dan peneliti Pusat Kedokteran Tropis UGM ini, di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dihadapkan dengan ancaman penularan DBD, leptospirosis dan flu saat musim penghujan ini.

Biasanya, penyakit-penyakit tersebut meningkat saat musim penghujan datang.

“Ada potensi peningkatan kasus DBD saat musim hujan. Sebab, saat musim hujan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti sehingga penularannya juga semakin tinggi,” jelasnya dalam rilis yang diterima Tribunjogja.com, Senin (8/11/2021).

Untuk mencegah penyakit DBD, menurut dr Citra dapat dilaksanakan dengan menerapkan 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur benda-benda yang bisa menampung air hujan.

Serta melakukukan langkah antisipasi dengan menggunakan obat nyamuk atau memasang kelambu guna mencegah gigitan nyamuk Aedes Aegypty.

Kemudian penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah leptospirosis.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19 Klaster Takziah Makin Meluas, Warga Sleman Diminta Jangan Kendor Prokes 

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia Senin 8 November 2021, Tambah 244 Pasien, DIY Tertinggi, Jatim Kedua

Penyakit ini biasanya muncul saat musim penghujan, terutama di daerah yang banyak terdapat genangan air atau kondisi banjir.

Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir perlu mewaspadai penyakit akibat bakteri leptospira yang disebarkan melalui air kencing tikus ini.

Bakteri leptosira dapat menginfeksi manusia lewat kulit, khususnya jika ada luka.

“Upayakan selalu menggunakan alas kaki agar terhindar dari leptospirosis,”jelasnya.

Dr Citra juga meminta masyarakat mewaspadai penyakit diare, malaria dan flu.

Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, Dr Citra mengimbau warga menjaga imunitas tubuh, mengkonsumi makanan bergizi dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Kemudian tak kalah pentingnya, meski penularan Covid-19 sudah mulai menurun, Dr Citra meminta kepada masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker dan cuci tangan.

" Warga harus tetap menjalankan protokol kesehatan 5M guna mencegah penularan Covid-19 karena penyebaran virus corona belum berhenti,"pungkasnya. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved