Breaking News:

Ratusan Makam di Taskombang Klaten Terimbas Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Ini Kata Kepala Desa

Kompleks pemakaman itu menjadi salah satu bidang tanah yang akan diterjang pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo di desa itu.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Penampakan papan pengumuman pengerjaan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Warga Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tidak lagi memanfaatkan tempat pemakaman umum (TPU) desa.

Hal itu karena kompleks pemakaman itu menjadi salah satu bidang tanah yang akan diterjang pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo di desa itu.

Akibatnya, Sekitar 200 makam lebih yang berada di kompleks makam tersebut akan dipindah ke area kompleks pemakaman baru.

"Sejak dapat kabar kompleks pemakaman kena tol warga tidak memanfaatkan lagi. Jadi kalau ada anggota keluarga yang meninggal tidak dikubur di sana," ujar Kepala Desa Taskombang, Aris Sumarno pada TribunJogja.com, Senin (8/11/2021).

Ia mengatakan, Pemerintah Desa (Pemdes) Taskombang telah melakukan pendataan kepada masing-masing ahli waris dari makam tersebut.

Namun, untuk proses pemindahan belum bisa dilakukan karena proses ganti kerugian tanah terdampak proyek tol belum memasuki wilayahnya.

Menurutnya, proses ganti kerugian tanah terdampak tol di desa itu akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang.

Meski demikian, aris menyebut jika pihaknya sudah menyiapkan satu bidang tanah kas desa seluas 2 ribu meter persegi sebagai tempat relokasi ratusan makam itu.

"Jumlah makam mungkin sekitar 200 lebih ya, itu lahan penggantinya sudah kita siapkan. Lokasinya tidak jauh dari kompleks makam yang lama," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pertanahan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono, menuturkan pembebasan lahan terdampak jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah baru memasuki Kecamatan Ngawen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved