Breaking News:

Pembebasan Lahan Jalan Tol Yogyakarta-Solo, Uang Ganti Rugi 6 Kecamatan Dibayar 2022

ahan terdampak jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah masuk wilayah terakhir untuk tahun 2021.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Iwan Al Khasni
IST
Pembangunan proyek Yogyakarta-Solo 

Tribunjogja.com Klaten -- Pembebasan lahan terdampak jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah masuk wilayah terakhir untuk tahun 2021.

Penampakan papan pengumuman pengerjaan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten
Penampakan papan pengumuman pengerjaan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten (TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan)

Pada tahun 2021 Kecamatan Ngawen menjadi wilayah paling terakhir yang akan menerima pembayaran uang ganti rugi (UGR) tol.

Di kecamatan terdapat 9 desa yang ikut diterjang proyek tol, yakni Desa Kwaren, Manjungan, Pepe, Tempursari, Kahuman, Ngawen, Senden, Gatak dan Duwet.

"Untuk Ngawen nanti kalau masyarakat sudah setuju insyallah tahun 2021 ini selesai, karena hanya sampai kecamatan Ngawen anggaran itu tersedia di tahun 2021 ini," ujar Kepala Seksi (Kasi) Pertanahan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten Sulistiyono pada TribunJogja.com, Minggu (7/11/2021).

Ia mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sebanyak Rp 650 miliar untuk digunakan membebaskan bidang tanah milik warga di Kecamatan Ngawen tersebut.

"Itu yang masih ada sekitar Rp 650 miliar, ya nanti kalau setuju akan kami ajukan dulu, kami tidak menunggu, nanti kalau ada warga yang setuju langsung kita ajukan dan bayarkan UGR-nya," sebut Sulis.

Kemudian, lanjut Sulis untuk warga yang berada di kecamatan lainnya, akan dilakukan pembayaran UGR pada tahun 2022 mendatang. "Kalau Ngawen sudah selesai, berarti tinggal 6 kecamatan lagi pembayaran untuk tahun depan," ucapnya.

Adapun 4 kecamatan yang sudah menerima pembayaran UGR tol yakni, Kecamatan Delanggu, Polanharjo, Ceper dan Karanganom. Untuk Klaten sendiri terdapat 11 kecamatan yang bakal dilalui oleh proyek strategis nasional itu.

Nasib Jalan Desa

Satu jalan desa dan tiga saluran air yang dilalui oleh tol Yogyakarta-Solo di Desa Kokosan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten dipastikan aman.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved