Breaking News:

Waspadai Dampak Long Covid-19, Dokter RSA UGM Sarankan Penyintas untuk Cek Kesehatan 

Penyintas Covid-19 bisa saja mengalami keluhan berkepanjangan pasca terinfeksi virus Sars-CoV-2 tersebut. Keluhan itu biasanya disebut sebagai long

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi Covid-19 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Penyintas Covid-19 bisa saja mengalami keluhan berkepanjangan pasca terinfeksi virus Sars-CoV-2 tersebut. Keluhan itu biasanya disebut sebagai long Covid-19.

Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Siswanto SpP menerangkan, kondisi tersebut biasanya ditemui pasien dengan derajat keparahan sedang, berat dan kritis.

Pasien dengan komorbid juga bisa mengalami long Covid-19 dan tidak menutup kemungkinan terjadi pada pasien dengan kategori ringan.

“Yang paling berisiko adalah penderita diabetes melitus, gagal jantung, hipertensi, penyakit metabolik, dan penyakit paru kronik. Selain itu, yang membawa risiko juga adalah penyakit koinsiden, misalnya saat terkena Covid-19 bersamaan juga dengan terkena Tuberkulosis (TB) atau komplikasi lainnya,” terangnya, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Pilur Serentak, Pemkab Sleman Imbau Warga Gunakan Hak Pilih dengan Bijak

Menurut Siswanto, penyintas Covid-19 perlu memantau gejala atau keluhan yang terjadi hingga 12 minggu sejak onset atau munculnya gejala pertama.

Pasien yang mendapat perawatan di rumah sakit disarankan untuk melakukan kontrol satu hingga dua minggu setelah keluar dari rumah sakit.

Selanjutnya, kontrol dilakukan kembali pada minggu keenam atau kedelapan sejak onset.

“Bagi yang ke rumah sakit biasanya kami akan menghitungkan saat ini berada di posisi berapa minggu setelah onset dan kapan sebaiknya datang kembali untuk kontrol,” ungkapnya.

Setelah 12 minggu, pasien bisa dipastikan sudah sembuh secara sempurna atau belum dilihat dari ada atau tidaknya gejala atau kelainan secara radiologis maupun hasil laboratorium.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved