Breaking News:

Update Berita Gunung Merapi

UPDATE Gunung Merapi dalam Sepekan, Luncurkan 60 Kali Awan Panas Hingga Sejauh 2 Km

Gunung Merapi terpantau meluncurkan 60 kali awan panas selama sepekan terakhir. Berdasarkan data yang dihimpun Balai Penyelidikan dan Pengembangan

dok BPPTKG
Visual Gunung Merapi 24 Oktober 2021 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gunung Merapi terpantau meluncurkan 60 kali awan panas selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data yang dihimpun Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta sepanjang periode pengamatan 15-21 Oktober 2021, guguran lava mengarah ke barat daya dengan jarak luncur maksimal sejauh 2.000 meter.

Pada minggu ini juga terjadi dua kali awan panas guguran dengan estimasi jarak luncur maksimal 2.500 meter ke arah barat daya. Erupsi tersebut menimbulkan fenomena hujan abu.

Baca juga: Sakit Hati Dituduh Selingkuh, Pria di Klaten Ini Tega Bacok Korban Hingga Meninggal

"Dilaporkan terjadi hujan abu tipis di wilayah Kecamatan Selo (Boyolali)," terang Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, Minggu (24/10/2021).

Sedangkan analisis morfologi dari Stasiun Kamera Deles, Tunggul Arum, Ngepos, dan Babadan, tidak teramati adanya perubahan morfologi yang signifikan baik di kubah sisi barat daya maupun kubah tengah.

Selain guguran lava, intensitas kegempaan Merapi juga tinggi dalam seminggu terakhir.

"Volume kubah lava barat daya sebesar 1.609.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.927.000 meter kubik," cetusnya.

Kemudian terkait cuaca di sekitar Gunung Merapi, umumnya cerah pada pagi dan malam hari, sedangkan siang hingga sore hari berkabut.

Teramati pula adanya asap berwarna putih dengan ketebalan tipis hingga tebal.

"Asap bertekanan lemah dan tinggi 700 m teramati dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Selo pada tanggal 19 Oktober 2021 pukul 07.30 WIB," terang.

Baca juga: Rentetan Gempa di Jateng Termasuk Gempa Swarm dengan Magnitudo Relatif Kecil

Menimbang hasil pengamatan itu, Hanik menyimpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih tergolong tinggi sehingga status gunung setinggi 2968 mdpl tersebut masih Siaga atau Level 3.

Warga diminta mewaspadai dampak guguran lava dan awan panas Gunung Merapi di sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Jika terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau area dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved