Breaking News:

Berita Kesehatan

Diabetes dan Darah Tinggi Bisa Picu Penyakit Ginjal, Perhatikan Gejalanya

Diabetes dan darah tinggi bisa memicu munculnya penyakit ginjal. Selain itu, ada pula faktor lainnya yang juga berkontribusi pada penyakit ginjal

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes dan darah tinggi bisa memicu munculnya penyakit ginjal. Selain itu, ada pula faktor lainnya yang juga berkontribusi pada penyakit ginjal. Untuk mengenalinya, Anda perlu mengetahui beberapa faktor risikonya. Tapi jika Anda memiliki salah satu faktor pemicu ini, bukan berarti serta merta Anda akan mengalami penyakit ginjal.

Hanya saja, jika hal itu diketahui sejak dini, maka Anda bisa melakukan langkah pencegahan sejak awal sebelum semuanya menjadi kronis.

Faktor risiko itu di antaranya adalah diabetes dan darah tinggi.

Diabetes merupakan salah satu faktor terbesar yang meningkatkan risiko penyakit ginjal dan penyebab nomor satu gagal ginjal.

Pola makan yang sehat, aktif berolahraga dan obat-obatan dapat membantu mengelola diabetes dan mencegah masalah kesehatan seperti kerusakan ginjal.

Sebagai informasi, lebih dari 34 juta orang di Amerika Serikat menderita diabetes.

Selain diabetes, tekanan darah tinggi juga menjadi faktor pemicu munculnya penyakit ginjal.

Bahkan tekanan darah tinggi ini merupakan faktor terbesar lainnya yang meningkatkan risiko penyakit ginjal dan merupakan penyebab kedua gagal ginjal.

Menjaga tekanan darah Anda terkendali dapat membantu mencegah penyakit ginjal, atau membantu mencegahnya menjadi lebih buruk.

Sebagai informasi, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika Serikat ternyata menderita tekanan darah tinggi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved