Breaking News:

Kata Pak Mahfud, Segini Jumlah Koruptor di Indonesia, 86 Persennya Lulusan Perguruan Tinggi

Belakangan ini, kabar sejumlah kepala daerah, pejabat dan pengusaha terjerat kasus korupsi kembali mencuat.

Editor: ribut raharjo
Tribunnews.com
Menkopolhukam Mahfud MD 

TRIBUNJOGJA.COM - Belakangan ini, kabar sejumlah kepala daerah, pejabat dan pengusaha terjerat kasus korupsi kembali mencuat.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan sejumlah operasi tangkap tangan atau OTT.

Seolah tidak ada kapoknya dan belajar dari kasus-kasus sebelumnya, kepala daerah yang usianya masih kategori muda pun terlibat dugaan kasus korupsi.

Catatan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, hingga hari ini, koruptor di Indonesia disebut mencapai 1.298 orang.

Jumlah tersebut sekitar 0,00001 persennya dari total lulusan perguruan tinggi yang mencapai 17 juta orang.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam acara silaturahmi dengan senat akademik dan dewan profesor Universitas Diponegoro Semarang yang disiarkan lewat YouTube Channel Undip TV Official, Kamis (21/10/2021).

"Pelaku korupsi di Indonesia dari data per hari ini 1.298 orang, sedangkan lulusan perguruan tinggi itu 17,06 juta. Jadi koruptor dari perguruan tinggi dari lulusannya itu tidak sampai 0,00001 persen tidak ada," jelas Mahfud.

Menurutnya, persentase jumlah lulusan perguruan tinggi yang menjadi terpidana kasus korupsi terbilang sangat sedikit.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang koruptor sebanyak 1.298 orang, 86 persennya terpidana kasus korupsi dari lulusan perguruan tinggi.

"Dari sudut korupsi, 86 persen terpidana korupsi itu adalah sarjana ke atas. Berarti lulusan perguruan tinggi itu paling dominan korupsi," ungkap Mahfud.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved