Breaking News:

Pemkot Yogyakarta Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat 'Sekati YK Ing Mall' 

Kegiatan 'Sekati YK Ing Mall' yang bergulir di tiga pusat perbelanjaan sekaligus di Kota Yogyakarta, pada Rabu (13/10/2021), diharapkan sanggup

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat meninjau gerai-gerai UMKM dalam agenda 'Sekati YK Ing Mall', di Malioboro Mall, Rabu (13/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kegiatan 'Sekati YK Ing Mall' yang bergulir di tiga pusat perbelanjaan sekaligus di Kota Yogyakarta, pada Rabu (13/10/2021), diharapkan sanggup menjadi semacam penanda kebangkitan dan pemulihan ekonomi. 

Selaras dengan namanya, agenda yang dilaksanakan untuk menghidupkan kembali hegemoni Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tersebut, digulirkan secara serentak, di Malioboro Mall, Lippo Mall, sampai Galeria Mall. 

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, puluhan UMKM digandeng, untuk ambil bagian dalam kegiatan ini. Sehingga, ia berharap, seiring penurunan kasus corona, perekonomian masyarakat dapat dikatrol lagi. 

Baca juga: Dipenuhi Sampah, Pedagang Ingin Embung Serut di Gamping Sleman Dikelola Lebih Baik

"Mudah-mudahan, ini menjadi awal yang bagus. Harapan besar saya, 'Sekati YK Ing Mall' bisa mengawali dimulainya kebangkitan ekonomi di Yogyakarta," cetusnya. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melanjutkan, UMKM memang didorong agar kembali eksis secara offline, setelah hampir dua tahun lamanya, terdampak pandemi.

Terlebih momentumnya pun tepat, karena berdekatan dengan perayaan HUT Kota, maupun Sekaten. 

"Kemudian, kita memilih mall jadi venue, karena semuanya sudah terverifikasi CHSE, PedulLindungi ada, dan prokes ketat. Jadi, tidak perlu energi ekstra," katanya. 

Oleh sebab itu, ia menyampaikan, pasar malam perayaan Sekaten yang dulu begitu digemari masyarakat, dan kini sudah tiada, dapat dinikmati lagi dengan format yang berbeda, menyesuaikan situasi, serta kondisi. 

Baca juga: Hanya 11 Persen Mahasiswa Mampu Kuliah Daring, UGM Bersiap PTM 18 Oktober 2021 Mendatang

"Karena ini jadi bagaimana kita antisipasi pasar malam, supaya tetap bisa bergulir dengan baik, dan menyesuaikan kondisi yang baru. Apalagi, sekarang yang kita berdayakan UMKM dari Kota Yogyakarta semua," ucapnya. 

Dalam kesempatan itu, Pemkot pun memastikan, 'Sekati YK Ing Mall' bakal menjadi kegiatan rutin, yang digelar setiap tahun menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad, selaras dengan Sekaten yang digulirkan Kraton. 

"Jadi, kita ikut memeriahkan Sekaten di Kraton melalui gelaran ini. Kedepannya nanti saya harapkan juga jajanan-jajanan khas Sekaten bisa dimunculkan di sini, karena itu menjadi daya tarik tersendiri," ujar Heroe. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved