Breaking News:

Sport

Pengda Perisai Diri DIY Siap Kembali Gelar Latihan Tatap Muka Setelah Vakum Hampir 2 Tahun

Hampir dua tahun perisai diri di seluruh DIY tidak melakukan pelatihan karena terkendala pandemi Covid-19.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Taufiq Syarifudin
Pengda Perisai Diri DIY seusai melaksanakan sarasehan di kampus APMD, Minggu (10/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengurus Daerah (Pengda) Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Indonesia Perisai Diri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar sarasehan pelatih dan asisten pelatih Perisai Diri se-DIY di kampus APMD, Timoho, Minggu (10/10/2021).

Kegiatan yang digelar sejak pagi hingga sore ini bertujuan sebagai langkah strategis untuk mempersiapkan kembali latihan tatap muka di tiap unit, cabang hingga ranting Perisai Diri di seluruh DIY.

Pasalnya, hampir dua tahun latihan tatap muka Perisai Diri di seluruh DIY tidak bisa digelar karena terkendala pandemi Covid-19.

Bahkan, ujian kenaikan tingkat pun terpaksa diundur karena regulasi dari pemerintah yang tidak mengizinkan untuk menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Baca juga: Sambil Penelitian Disertasi, Atlet Silat Firdhana Wahyu Putra Siapkan Fisik untuk PON

Selain itu, menurut Ketua Panitia sarasehan, Sudarno, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi standar para pelatih sekaligus merencanakan proses digitalisasi pelatihan.

"Sekarang sudah level tiga (PPKM), beberapa sekolah uji coba tatap muka juga. Kita menata kembali tempat-tempat sekolah yang mungkin bisa dilanjutkan selama 1 setengah tahun berhenti. Selain pembagian tugas kepada pelatih, ada bebebrapa materi soal standardisasi teknik silat. Jadi memang sebelumnya ada pelatih yang belum mencapai standar, jadi nanti ada tindak lanjut," bebernya saat ditemui Tribunjogja.com, Minggu (10/10/2021).

Sudarno nengemukakan jika sarasehan ini sebagai pengingat bagi para pelatih soal dasar-dasar teknik silat Perisai Diri.

"Materinya simpel dapat dipahami oleh pelatih, tapi terkadang masih ada kesalahan atau belum benar cara melatihnya," katanya.

Selain itu Pengda Perisai Diri DIY juga berencana untuk membuat pelatihan silat secara daring untuk menjangkau para pesilat yang terhambat oleh pandemi Covid-19.

Proses tersebut nantinya akan menggunakan konten yang diunggah ke media YouTube agar bisa ditonton bagi pesilat yang akan melakukan latihan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved