Breaking News:

Sport

Sambil Penelitian Disertasi, Atlet Silat Firdhana Wahyu Putra Siapkan Fisik untuk PON

Firdhana Wahyu Putra saat ini sedang mempersiapkan dirinya untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Taufiq Syarifudin
Firdhana Wahyu Putra saat ditemui seusai latihan di Stadion Mandala Krida, Jumat (30/7/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pesilat asal Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Firdhana Wahyu Putra saat ini sedang mempersiapkan dirinya untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Persiapan yang dilakukan Firdhan, sapaan akrabnya, sudah mencapai fase prakompetisi akhir, dalam fase tersebut, pelatihan mulai difokus pada maintenance kondisi fisik dan berat badan.

"Saya nanti turun di kelas J putra dengan berat badan 90-95 kilogram. Untuk latihannya saya fokuskan pada pengembangan taktik di gelanggang, mulai dari kecepatan tendangan, pukulan, reaksi merespon pergerakan lawan," ujar Firdhan saat berbincang dengan Tribunjogja.com, Jumat (30/7/2021).

Ia mengaku kesiapannya saat ini telah mencapai 90 persen, sisanya Fridhan hanya perlu menjaga kondisi fisik dan mentalnya saja.

Baca juga: Cerita Atlet Panahan Okka Bagus Subekti, Berangkat dengan Biaya Sendiri Hingga Dapat Medali Emas

Apalagi berat badan harus ia pantau secara berkala agar pada saat hari pertandingan tidak didiskualifikasi kelebihan atau kekurangan berat badan.

Atlet kelahiran Bantul 1 Maret 1994 ini memiliki resep tersendiri untuk menjaga kondisi fisiknya di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, sepulangnya ke rumah dari latihan ia akan segera mandi sebelum bertemu siapapun di rumah.

Kemudian dilanjutkan dengan makan untuk mengisi energi yang sebelumnya dipakai latihan, lalu meminum air putih hangat supaya badannya tetap dalam kondisi baik.

"Setelah latihan tidak boleh minum air es, nanti badan kita bisa kaget karena suhunya yang berbeda," tegasnya.

Kendati begitu, Firdhan cukup mengkhawatirkan soal aturan swab test yang akan dilakukan menjelang pertandingan di PON XX Papua nanti.

Apabila hasilnya postif meski tak bergejala, atlet tersebut bakal dilarang tampil untuk membela daerahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved