Breaking News:

PON XX Papua

Tim Panjat Tebing DIY Raih Medali Perunggu di PON XX Papua

Tim panjat tebing DI Yogyakarta turut menyumbang medali perunggu di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, kemarin Kamis (7/10/2021) Arena

istimewa
Tim panjat tebing DIY saat menerima medali perunggu di PON XX Papua. 

TRIBUNJOGJA.COM - Tim panjat tebing DI Yogyakarta turut menyumbang medali perunggu di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, kemarin Kamis (7/10/2021) Arena Panjat Tebing SP 2, Mimika.

Dalam pertandingannya, tim DIY berhasil mendapat peringkat tiga di nomor speed relay putri yang diperkuat Dyah Puspitaningtyas, Rahmayuna Fadillah, dan Sukma Lintang Cahyani.

Ketiganya mencatatkan waktu total 27.001 detik, mengalahkan catatan waktu dari perwakilan Jawa Timur, Amanda Narda Mutia, Dhorifatus Syafiiyah, dan Nindy Febriyanti dengan 27.669.

Baca juga: Kapolres Magelang Bagikan Ribuan Masker Kepada Masyarakat

Sementara di perebutan medali emas, peringkat pertama diamankan oleh perwakilan Jawa Tengah, Berthdigna Devi Surya Kusuma, Agustina Sari, dan Aries Susanti Rahayu dengan catatan waktu 25.244. 

Di peringkat kedua ada Tim Nusa Tenggara Barat yakni Nurul Iqamah, Anggun Yolanda, dan Ade Irma Suryani yang catatkan waktu 34.543.     

"Merasa lega karena ini juga PON pertama bagi kami. Sebelumnya di kualifikasi (pertandingan berjalan) lancar, bahkan menempati peringkat kedua. Namun di semifinal mulai agak tegang dan sempat terpeleset, belum rezeki untuk masuk final. Tapi Alhamdulillah kami mendapatkan medali perunggu," ujar Rahmayuna.

Perlu diketahui, pada sesi kualifikasi Tim DIY lolos ke babak semifinal seusai mencatatkan waktu 25.944, di bawah Tim Jawa Tengah yang catatkan waktu 23.877.

Sedangkan Tim Nusa Tenggara Barat catatkan waktu 26.252 dan Tim Jawa Timur 26.707. Kemudian di babak semifinal pertama, Tim Jawa Tengah catatkan waktu 23.461, dan Tim Jawa Timur 27.694.

Babak semifinal kedua Tim DIY catatkan waktu 28.956, dan Tim Nusa Tenggara Barat 25.906. Sehingga kemudian yang lolos ke babak final yakni Tim Jawa Tengah dan Tim Nusa Tenggara Barat.   

Baca juga: Perda yang Mengatur Tower Bersama Diharapkan Atasi Kelangkaan Sinyal di Bantul

"Meski tidak sesuai target yakni emas di nomor Speed  Relay, kami tetap bersyukur, bagaimanapun dalam pertandingan ada menang dan kalah. Terima kasih banyak atas doa dan dukungan dari masyarakat DIY dan segala pihak yang sudah support kami di sini. Medali ini untuk DIY," jelas tim pelatih panjat tebing DIY, Fitriyani.

Sementara itu Kepala Pelatih Panjat Tebing DIY Sultoni Sulaiman mengatakan,  evaluasi dari hasil pertandingan lebih menekankan pada jam terbang dan pengalaman atlet dalam suatu pertandingan. 

Dan raihan yang didapat anak didiknya bahkan dinilai wajar serta terbilang luar biasa dan hebat, mengingat ini menjadi ajang debut PON pertama bagi Rahmayuna dkk

"Selamat kepada atlet dan ofisial panjat tebing, yang atas usaha keras dapat meraih medali perunggu. Masih ada perbaikan untuk persiapan PON XXI Tahun 2024 mendatang. Tetap semangat," tukas Ketua Bidang (Kabid) Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Agung Nugroho. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved