Breaking News:

Harga Jual Telur Anjlok Harga Pakan Meroket, Peternak Ayam di Klaten Semakin Menjerit

Sejumlah peternak ayam di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengeluhkan anjloknya harga telur ayam di pasaran sejak dua bulan terakhir.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Peternak telur di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, saat menata telur ayam ketika ditemui di kandang ayam di desa itu, Jumat (8/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sejumlah peternak ayam di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengeluhkan anjloknya harga telur ayam di pasaran sejak dua bulan terakhir.

Ironisnya, anjloknya harga telur itu berbanding terbalik dengan meroketnya sejumlah harga pakan. Akibatnya, para peternak ayam di Kabupaten Bersinar mengalami kerugian.

Seorang peternak ayam petelur Suwarto (41) warga Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten mengaku jika saat ini harga telur ayam hanya Rp16 ribu per kilogram.

Baca juga: Gandung Pardiman Jadi Korban Kampanye Hitam, Golkar DI Yogyakarta Angkat Suara

Harga tersebut, menurutnya cukup menyiksa para peternak ayam karena merugi setiap kali menjual telur.

"Normalnya harga telur ayam itu Rp21 ribu per kilogram, sekarang anjlok dan peternak mengalami kerugian," ucapnya saat TribunJogja.com temui di kandang ayam miliknya di desa itu, Jumat (8/10/2021).

Menurut Suwarto, anjloknya harga jual teluar ayam itu semakin memperparah keadaannya selama pandemi Covid-19.

Pasalnya, ia yang sebelum pandemi memiliki sekitar 7.000 ekor ayam petelur kini hanya tinggal sekitar 3.500 ayam petelur saja.

Kemudian sejak tiga bulan terakhir, harga pakan ayam seperti jagung juga mengalami kenaikan hingga Rp5,7 ribu per kilogram.

Namun ia bersyukur, belakangan turun subsidi jagung untuk pakan ayam yang dipatok Rp4.500 per kilo gram.

"Subsidi pakan jagung ya saya bersyukur. Saya kemarin beli 1,5 ton dan subsidi ini cukup membantu tapi pokok permasalahan kita ini sekarang di harga telurnya ini," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved