Breaking News:

Jawa

61 Wisata Air dan Alam di Klaten Sudah Buka, Anak Usia 12 Tahun Belum Diperkenankan Ikut Berwisata

Beroperasinya puluhan objek wisata tersebut setelah Kabupaten Klaten berada pada PPKM Level 2 pada periode 5-18 Oktober 2021.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Pengunjung Bukit Sidoguro saat memberi makan burung dara di objek wisata yang terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten itu, Jumat (8/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 61 objek wisata alam dan wisata air yang tersebar di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah resmi kembali beroperasi pada Jumat (8/10/2021).

Beroperasinya puluhan objek wisata tersebut setelah Kabupaten Klaten berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 pada periode 5-18 Oktober 2021.

Hanya saja, beroperasi objek wisata juga dibarengi dengan sejumlah pembatasan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

Beberapa diantaranya yakni, belum mendapatkan izinnya anak di bawah 12 tahun untuk berwisata pada PPKM periode ini.

Baca juga: Bukit Sidoguro Klaten Resmi Dibuka Kembali, Disparbudpora: Akan Ada Rusa yang Dilepas Liarkan

Kemudian, lama kunjungan di objek wisata hanya boleh dua jam saja serta kapasitas pengunjung 25 persen dari total daya tampung objek wisata itu.

"Untung pengunjung memang ada pembatasan dan peraturan yang perlu dipatuhi, kami juga minta Satgas di objek wisata menaati aturan itu," ucap Kepala Disparbudpora Klaten, Sri Nugroho saat Tribunjogja.com temui di Bukit Sidoguro, Jumat (8/10/2021).

Ia berharap, dengan ketegasan para Satgas di masing-masing objek wisata diharapkan tidak terjadi klaster Covid-19 di objek wisata yang ada.

"Anak di bawah umur belum boleh untuk saat ini, mungkin nanti ada evaluasi lagi kami menunggu dari pemerintah pusat," ucapnya.

Menurutnya, pada Jumat ini, terdapat 4 objek wisata di Klaten yang menjalani pembukaan secara resmi, yakni Bukit Sidoguro, Candi Plaosan, Candi Sojiwan hingga wisata religi Makam Sunan Pandanaran.

Baca juga: Obwis Boleh Buka Saat PPKM Level 2, Pengelola Wisata Minta Pemkab Klaten Segera Keluarkan Regulasi

"Pembatasan masih ya, dengan kondisi Covid-19 ini wisata religi tidak bisa bermalam di sana, wisata religi buka pukul 08.00 hingga pukul 21.00," ucapnya.

Terpisah, Direktur BUMDes Tirta Sejahtera Agus Hariyanto meminta pemerintah untuk mengkaji ulang pembatasan objek wisata bagi anak di bawah 12 tahun.

Menurutnya, untuk wisata air seperti Umbul Pluneng justru pengunjung paling banyak adalah anak-anak yang ingin mandi atau belajar berenang.

"Kita minta poin itu dikaji ulang karena kita justru paling banyak pengunjungnya anak-anak," imbuhnya beberapa waktu lalu. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved