Breaking News:

Wisata Bantul

WISATA UNIK BANTUL : Lihat Koleksi Wayang Langka di Museum Wayang Beber Sekartaji

WISATA UNIK BANTUL : Lihat Koleksi Wayang Langka di Museum Wayang Beber Sekartaji

Penulis: Yudha Kristiawan | Editor: Yudha Kristiawan
IST
Indra Suroinggeno tengah menyelesaikan maha karya wayang beber dengan epos Panji Kuda Semirang pada sebuah kain kanvas sepanjang 10 meter di Museum Sekartaji. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pegiat wisata edukatif di Yogyakarta terus berupaya menambah destinasi wisata edukatif sebagai upaya literasi sejarah peninggalan nenek moyang yang kaya akan ilmu pengetahuan. Museum Wayang Beber Sekartaji Yogyakarta salah satunya.

Destinasi wisata edukatif yang berada di Gang Pancasila, Kanutan, Sumbermulyo, Bambang Lipuro, Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi objek wisata yang tepat bagi mereka penyuka sejarah dan budaya. 

Museum ini berada di sebuah kampung yang asri dengan atmosfer khas desa yang masih kental dengan tegur sapa yang ramah.

Museum yang dibuka untuk umum ini menempati sebuah bangunan sederhana, layaknya sebuah tempat tinggal.

Berkunjung ke museum ini pengunjung dibawa ke era di mana sebuah rumah zaman dulu masih kental dengan kegiatan seni dan budaya.

Sesampainya di depan gapura museum,  para pengunjung langsung disuguhi pemandangan aktivitas pembuatan kertas secara tradisional.

Indra Setiawan, sosok di balik berdirinya museum ini langsung memberi sambutan hangat pada para pengunjung.

Diiringi suara gamelan yang dimainkan langsung, Indra menjelaskan aktivitas pembuatan kertas secara tradisional tersebut.

Pembuatan kertas seperti ini memang sebuah pemandangan cukup langka. Serupa seorang empu ketika membuat sebuah bilah keris, membutuhkan kesabaran, ketelitian dan ketekunan ekstra agar hasil kertas yang didapat berkualitas.

"Ini namanya kertas nusantara atau dluwang yang terbuat dari bahan pohon glugu. Dulu para resi menggunakannya sebagai bahan membuat pakaian, media tulis hingga karya seni, salah satunya wayang beber," terang Indra sembari menunjukkan contoh kertas yang sudah jadi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved