Breaking News:

Ratusan Kucing dan Anjing di Kabupaten Klaten Terima Suntikan Vaksin Rabies

Ratusan anjing dan kucing peliharaan masyarakat di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendapatkan suntikan vaksin rabies oleh Dinas Pertanian

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok DPKPP Klaten
Petugas DPKPP Klaten saat melaksanakan vaksin rabies bagi kucing dan anjing di Klaten, akhir September lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Ratusan anjing dan kucing peliharaan masyarakat di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendapatkan suntikan vaksin rabies oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten bersama Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) korwil Klaten.

Adapun pelaksanaan kegiatan vaksin rabies bagi hewan peliharaan itu dilakukan dalam rangka World Rabies Day (WRD) guna memunculkan kekebalan bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

"Memang kemarin ada hari world rabies day 28 september, kami dari dinas dan dokter praktek melaksanakan vaksin secara gratis, sasarannya kepada anjing dan kucing di wilayah klaten kota," ujar Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan DPKPP Klaten, Awik Purwanti pada TribunJogja.com, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: PSIM Yogyakarta Dirasa Belum Kompak, Manajemen Tim Agendakan Outbound Untuk Pemain

Menurut Awik, pada kegiatan yang dilangsungkan di kawasan Klaten kota itu, sebanyak 260 ekor anjing dan kucing peliharaan warga mengikuti program vaksin rabies secara gratis itu.

Ia pun berharap vaksin rabies bagi kucing dan anjing tersebut bisa menghindari hewan-hewan itu dari virus rabies.

Kemudian, kata dia, dalam tiga tahun terakhir pihaknya sudah tiga kali melaksanakan kegiatan serupa di Kabupaten Bersinar.

"Sejak 2019, 2020 dan 2021 ini sudah tiga kali kita laksanakan. Memang untuk vaksin rabies ini bagusnya sekali setahu diberikan vaksin agar hewan selalu sehat," ucapnya.

Baca juga: Dukung Geliat Pariwisata, Pemkot Magelang Minta Pelaku Wisata Sediakan Paket Wisata Lokal

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan DPKPP Klaten Triyanto membenarkan jika pada akhir September kemarin pihaknya melaksanakan vaksin rabies bagi hewan.

"Ini untuk pencegahan dan kita mendampingi. Vaksin rabies ini sasarannya untuk hewan-hewan peliharaan di Klaten Kota," jelasnya.

Disinggung terkait apakah ada ditemukan kasus rabies di Klaten, Triyanto mengatakan sejauh ini belum ada laporan.

"Belum ada temuan atau laporan ya. Ini kita kan rutin laksanakan vaksin rabies ini ke hewan-hewan masyarakat, jadi sejauh ini bisa kita cegah lewat vaksin itu," tandasnya.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved