Breaking News:

Ini Langkah Terbaik Menolong Korban Gigitan Ular yang Direkomendasikan Para Ahli

Sangat penting untuk bereaksi cepat terhadap gigitan ular, karena ini bisa mulai berdampak negatif pada tubuh dalam hitungan menit.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
ViralPress
ILUSTRASI - Bekas Gigitan Ular 

TRIBUNJOGJA.COM - Ular adalah hewan yang ditakuti banyak orang. Wajar saja, beberapa jenis ular memiliki racun yang memang sangat mematikan. Meskipun tidak semua gigitan ular berbahaya bagi manusia, beberapa di antaranya, dan yang berbahaya dapat memiliki berbagai gejala yang mengerikan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk bereaksi cepat terhadap gigitan ular, karena ini bisa mulai berdampak negatif pada tubuh dalam hitungan menit.

Langkah pertama adalah menghubungi layanan medis darurat, terutama jika memang memungkinkan untuk dihubungi. 

Jika gigitan terjadi di daerah terpencil, maka sangat penting untuk membawa pasien gigitan ular ke perawatan medis dengan cepat.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Menghisap Luka Bekas Gigitan Ular Berbisa Dinilai Tak Efektif

Pertolongan Pertama Gigitan Ular

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menolong korban gigitan ular ;

  1. Pertama, menjauh dari ular. Ini penting untuk memastikan bahwa ular tidak kembali menyerang.
  2. Jika digigit, segera hubungi kontak layanan darurat. Anda tidak perlu menunggu hingga rasa sakit semakin terasa, ini justru bisa menyebabkan kerusakan jaringan permanen.
  3. Jangan meninggikan area yang terkena gigitan! Jauhkan gigitan di bawah tingkat jantung.
  4. Cuci area tersebut dengan air hangat dan sabun.
  5. Lepaskan pakaian, aksesoris atau perhiasan yang berada di dekat area gigitan. Lantaran area ini kemungkinan akan membengkak sehingga benda yang menyempit dapat menyebabkan komplikasi tambahan dan bahkan kematian jaringan.
  6. Jika ular adalah spesies elapid (ular karang dan kobra), bungkus titik gigitan dengan perban tekanan elastis. Mulailah dari titik yang paling dekat dengan jantung dan bungkus ke arah jari tangan atau kaki. Lanjutkan untuk menjaga gigitan lebih rendah dari jantung.
  7. Ikuti dasar-dasar pertolongan pertama sambil menunggu pertolongan medis tiba. Anda juga harus mewaspadai potensi syok.
  8. Jangan memotong kulit dan menggunakan penyedot. Memotong atau membuka luka hanya akan meningkatkan risiko komplikasi lain seperti infeksi.
  9. Jika ular yang menggigit itu mati, Anda bisa membawanya juga ke rumah sakit. Ini bisa membantu petugas medis untuk mengidentifikasi jenis ular dan racunnya lebih cepat. Namun, berhati-hatilah, ular mati dapat secara refleks menggigit hingga satu jam.
  10. Di dunia digital saat ini, gambar mudah didapat. Gambaran singkat tentang ular—bahkan dengan ponsel—akan membantu tim medis mengidentifikasi jenis ular. Misalnya, ular derik adalah ular beludak, diidentifikasi dengan penyok di sisi kepala mereka yang terlihat seperti telinga. Ular karang berukuran kecil dengan pita merah yang dibatasi oleh kuning pucat atau putih. Kobra memiliki tudung yang menyebar di belakang kepalanya.

Meskipun cukup membantu, namun tidak selalu penting untuk mengidentifikasi ular yang menggigit Anda. Petugas medis di daerah rawan gigitan ular sering dapat mengidentifikasi hewan hanya dari lukanya.

Semisal Pit viper memiliki dua taring dan gigitannya sering memiliki dua lubang kecil. Ular karang memiliki mulut kecil penuh gigi dengan deretan luka tusukan kecil.

Pencegahan gigitan ular

Cara terbaik untuk menangani gigitan ular adalah dengan menghindari ular. Andan bisa mengikuti tindakan pencegahan universal dan memakai alat pelindung diri jika Anda harus berada di dekat ular.

Jika situasinya demikian, berikut ini langkah persiapan yang bisa Anda lakukan ;

  1. Kenakan celana panjang dan sepatu bot lebih tinggi dari mata kaki.
  2. Hindari area yang dalam dan gelap.
  3. Cobalah untuk membuat lebih banyak kebisingan dan getaran saat berjalan.
  4. Jangan mendekati ular, hindari mereka.

(*/Very Well Health)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved