Breaking News:

Kenali Penyebab dan Gejala Pendarahan Otak Seperti yang Dialami Tukul Arwana

WebMD menjelaskan pendarahan otak adalah sejenis stroke, yang mana kondisi ini disebabkan oleh arteri di otak pecah dan menyebabkan pendarahan lokal

Editor: Rina Eviana
medicalnewstoday.com
ilustrasi 

Tribunjogja.com -Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Komedian  Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit, akibat pendarahan otak, Kamis (23/9/2021).

Informasi tersebut diungkapkan  anak komedian bernama asli Tukul Riyanto, Ega Prayudi.  Namun tak menjelaskan apa penyebab pendarahan otak yang dialami Tukul Arwana.

"Betul beliau (masuk rumah sakit). Saat ini masih dalam perawatan dokter. Mohon doanya ya," kata Ega saat dihubungi wartawan.

Terbongkar, Tukul Arwana Punya Pacar Baru, Sang Kakak Sebut Berprofesi Sebagai Penyanyi Dangdut
Terbongkar, Tukul Arwana Punya Pacar Baru, Sang Kakak Sebut Berprofesi Sebagai Penyanyi Dangdut (Kompas.com/Dian Reinis Kumampung)

Apa itu pendarahan otak? Apa saja penyebab dan gejala yang perlu kita ketahui?

Kompas.com melansir WebMD menjelaskan pendarahan otak adalah sejenis stroke, yang mana kondisi ini disebabkan oleh arteri di otak pecah dan menyebabkan pendarahan lokal di jaringan sekitarnya.

Kondisi pendarahan yang berlokasi di organ tersebut membunuh sel-sel otak. Pendarahan otak juga disebut pendarahan intrakranial, atau pendarahan intraserebral.

Kondisi medis ini menyumbang sekitar 13 persen dari penyebab stroke.

Apa yang terjadi saat otak mengalami pendarahan?

Saat darah dari trauma mengiritasi jaringan otak, maka akan menyebabkan pembengkakan. Ini kemudian dikenal sebagai edema serebal. Darah yang mengumpul kemudian menjadi hematoma, sehingga kondisi ini akan meningkatkan tekanan pada jaringan otak di dekatnya.

Akibatnya, kondisi tersebut dapat mengurangi aliran darah yang vital dan membunuh sel-sel otak. Pendarahan yang terjadi di dalam otak, dapat terjadi di antara otak dan selaput yang menutupinya, maupun di antara lapisan penutup otak atau antara tengkorak dan selaput otak.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved