Breaking News:

Menparekraf Siap Uji Coba Buka Bioskop Pekan Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno berencana melakukan uji coba pembukaan bioskop pada pekan ini.

Editor: Agus Wahyu
Tribunjogja/ Nanda Sagita Ginting
ILUSTRASI - Suasana Bioskop Empire XXI Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno berencana melakukan uji coba pembukaan bioskop pada pekan ini. Uji coba ini diharapkan akan menumbuhkan dan membangkitkan semangat para insan perfilman di Indonesia.

“Uji cobakan bioskop untuk dibuka mulai minggu ini dengan kapasitas 50 persen. Berarti ini akan semakin menggiatkan sektor perfilman dan promosi ini kita harapkan bisa membangkitkan semangat dari sektor perfilman di Indonesia,” kata Sandiaga dalam webinar

“Harnessing Indonesian Creative Economy and Tourism Potential on Post Covid-19 Economic Revival”, Senin (13/9/2021).

Sandiaga mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan devisa negara sebesar 80 persen, demikian juga dari sektor lapangan kerja yang terkikis hampr 7 persen. Namun demikian, kontribusi ekonomi kreatif menempati posisi 3 besar di dunia dengan kontribusi Rp1.100 triliun.

Posisi pertama ditempati oleh Amerika Serikat dengan Hollywood, dan posisi kedua oleh Korea Selatan dengan K-pop. “Indonesia sudah masuk dari segi persentase kontribusi ekonomi kreatif pada PDB-nya dan ditopang oleh 3 sektor utama, kuliner 42 persen, fashion 18 persen, dan kria 15 persen,” jelas Sandiaga.

Kemenparekraf juga akan melakukan uji coba dengan membuka 20 lokasi pariwisata di pulau Jawa dan Bali, termasuk di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, dan di beberapa daerah lainnya yang sudah memenuhi kriteria tersertifikasi CHSE dan seluruh karyawannya sudah tervaksinasi lengkap.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah akan memulai pembukaan bioskop kembali di sejumlah daerah. Pembukaan bioskop diberlakukan di kota dengan penerapan level PPKM level 3 dan 2.

"Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50% pada kota-kota level 3 dan 2," ujar Luhut yang juga Koordinator Penanganan PPKM Jawa dan Bali itu, saat konferensi pers, Senin (13/9/2021).

Luhut menegaskan pembukaan bioskop harus melalui skrining menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat yang dapat mengunjungi bioskop hanya masyarakat yang masuk dalam kategori hijau. (kpc/ktn)

Baca Tribun Jogja edisi Selasa 14 September 2021 halaman 03

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved