Breaking News:

Disdukcapil Kulon Progo Layani 2 Transgender Ajukan Perubahan Akta Kelahiran dan Terbitkan 1 KTP-el

Hingga saat ini ada dua orang transgender yang mengajukan permohonan perubahan akta kelahiran dan satu orang transgender yang telah diterbitkan KTP-el

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulon Progo telah melayani kaum transgender di wilayahnya dalam mendapatkan dokumen kependudukan.

Hingga saat ini ada dua orang transgender yang mengajukan permohonan perubahan akta kelahiran dan satu orang transgender yang telah diterbitkan KTP elektronik (e-KTP). 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kulon Progo, Aspiyah, mengatakan transgender yang akan melakukan pengurusan dokumen perubahan jenis kelamin harus melalui persidangan di pengadilan negeri. 

"Setahun saya yang sudah mengajukan perubahan akta kelahiran setelah penetapan pengadilan tentang perubahan jenis kelamin ada 2 orang. Sehingga otomatis yang juga diberi KTP baru dengan jenis kelamin sesuai putusan pengadilan. Sedangkan yang dicetakkan KTP elektronik (e-KTP) bagi transgender hasil koordinasi dengan Biro Tata Pemerintahan Setda DIY ada 1 orang," tuturnya saat dihubungi, Minggu (12/9/2021). 

Untuk memperluas layanan bagi transgender mengurus data kependudukan pada 20 dan 22 September 2021, pihaknya akan menyelenggarakan sosialisasi bagi 100 perangkat kalurahan, tokoh masyarakat dan tokoh agama. 

"Masing-masing 50 peserta per hari karena masih dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Difasilitasi oleh Biro Tata Pemerintahan Setda DIY," ucapnya. 

Disdukcapil Kulon Progo juga belum memiliki data resmi berapa jumlah transgender yang ada di wilayahnya.

Sebab, pendataan transgender berdasarkan laporan atau permohonan yang bersangkutan. 

Oleh karena itu, sebelum pendataan Disdukcapil akan menyelenggarakan sosialisasi dulu. (*) 
 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved