Breaking News:

Jawa

Jaga Kamtibmas Malam Hari, Polres Kota Magelang Resmikan Tim Timor

Polres Kota Magelang resmikan pasukan khusus Tim TIMOR (Tidar Mobile Response) untuk mencegah gangguan kamtibmas di wilayah kota Magelang.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Suasana peresmian Tim Timor, Polresta Magelang, Kamis (09/09/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Polres Kota Magelang resmikan pasukan khusus Tim TIMOR (Tidar Mobile Response) untuk mencegah gangguan kamtibmas di wilayah kota Magelang.

Peresmian dilaksanakan di halaman Apel Mapolres Magelang Kota,  pada Kamis (09/09/2021).

Kegiatan tersebut, turut dihadiri  oleh Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, TNI, hingga perwakilan tokoh masyarakat.

Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin mengatakan, tim TIMOR merupakan satu di antara inovasi dari Polres Magelang Kota yang dibentuk dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam aspek Harkamtibmas.

Baca juga: Polres Magelang Kota Bersama Personel Gabungan Laksanakan KRYD Penyekatan

“Tugas dari Tim TIMOR ini adalah mencegah masyarakat menjadi korban kejahatan maupun masyarakat menjadi pelaku kejahatan di Kota Magelang,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Tim TIMOR dibagi menjadi dua yakni tim Bravo dan tim Alpha.

Tim akan menggelar patroli pada malam hari untuk memastikan situasi Kota Magelang kondusif.

"Selain untuk menertibkan masyarakat. Tim Timor juga bisa berperan untuk melaksanakan tugas persuasif dan edukatif termasuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar taat protokol kesehatan,"terangnya.

Untuk sementara, tim TIMOR  diturunkan pada malam minggu dan malam senin serta malam hari libur nasional.

Dengan pertimbangan berdasarkan analisa situasi kamtibmas jam rawan terjadi gangguan kamtibmas pada jam tersebut.

Baca juga: Polres Magelang Ringkus Penipu Bermodus Janjikan Bansos Pemerintah

"Tindak kejahatan di Kota Magelang sebenarnya tergolong landai. Namun, ada beberapa kejahatan yakni perselisihan antar kampung yang masih sering terjadi. Sehingga, dengan hadirnya tim khusus ini diharapkan bisa menekan tindakan seperti itu. Nantinya, tim juga akan dilengkapi hotline call agar masyarakat mudah menghubungi apabila terjadi tindak kejahatan," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kapolres Magelang Kota.

"Kami sangat mengapresiasi. Tim khusus seperti ini terbilang sesuatu yang baru di Kota Magelang. Dengan adanya tim TIMOR ini, kami sangat terbantu. Harapannya semua masyarakat Kota Magelang merasa terayomi dan terlindungi, supaya tidak ada keinginan untuk berbuat jahat di antara warga kita," ujarnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved