Breaking News:

Yogyakarta

Sambut Hari Aksara Internasional, Yogyakarta Dicanangkan Sebagai 'Kota Hanacaraka' 

Pencanangan Yogyakarta sebagai 'Kota Hanacaraka' dimaksudkan sebagai upaya menjaga keberlangsungan aksara Jawa di era digital.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam menyambut Hari Aksara Internasional pada 8 September mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bakal mencanangkan Yogyakarta sebagai 'Kota Hanacaraka'. 

Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Disbud DIY, Setya Amrih Prasaja mengatakan, pencanangan ini dimaksudkan sebagai upaya menjaga keberlangsungan aksara Jawa di era digital.

Sekaligus, perluasan penggunaan aksara Jawa. 

Oleh karena itu, sebagai wujud komitmen membumikan eksistensi aksara Jawa, pihaknya pun mengambil inisiatif, dengan melangsungkan beberapa kegiatan, dalam memeriahkan Hari Aksara Internasional. 

Baca juga: Lewat Tabloid CaraKita, Disbud DI Yogyakarta Dekatkan Aksara Jawa ke Generasi Milenial

Antara lain, webinar series pemanfaatan aksara Jawa di ranah digital, talkshow dengan narasumber Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Disdikpora DIY, dan KPH Notonegoro (Penggagas Kongres Aksara Jawa I). 

"Tujuannya, agar semakin terbangun kesadaran bahwa aksara Jawa eksis di ranah digital dan menunjukkan adanya peningkatan di sisi penggunaan," katanya, Selasa (7/9/2021). 

"Selain itu, bersama PANDI (Pengelola Alamat Domain Internet Indonesia) proses standarisasi font, serta papan tombol aksara Jawa ke BSN (Badan Standar Nasional) juga masih berjalan," tambah Setya. 

Ia menyampaikan, pihaknya mendorong semua warga masyarakat, khususnya di Yogyakarta, untuk menunjukkan dukungan secara masif, terkait pencanangan Yogyakarta sebagai 'Kota Hanacaraka' ini. 

"Momentum Hari Aksara InternasionaI dapat kita jadikan sebagai jalan untuk memaknai kembali keistimewaan Yogya, agar lebih dirasakan dan diperlihatkan dengan penuh kebanggaan," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved