Embung Grigak di Panggang Gunungkidul, Wujud Dukungan Akses Air Bersih Bagi Warga saat Musim Kemarau

Embung tadah hujan seluas 1 hektare ini mulai dibangun pada bulan Maret 2020 dan diresmikan pada bulan Mei 2021 lalu.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Embung Grigak yang terletak di Dukuh Karang, Kelurahan Girikato, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL -  Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) menjalankan Community Water Program sebagai upaya untuk mempertahankan kelestarian air dan lingkungan.

Program ini salah satunya dilaksanakan di wilayah Kabupaten Gununkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pada program yang dilaksanakan di wilayah Gunungkidul kali ini, CCFI bersama dengan Yayasan Obor Tani (YOT) menginisiasi pembangunan Embung Grigak, yakni sebuah embung tadah hujan dengan lapisan geomembran untuk memenuhi kebutuhan air di kawasan Pantai Grigak.

Embung Grigak sendiri berlokasi di Dukuh Karang, Kelurahan Girikato, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Salah satu tujuan dari Community Water Program ini adalah pemanfaatan embung tadah hujan untuk daerah kering di Indonesia, termasuk di wilayah Gunungkidul.

Embung tadah hujan seluas 1 hektare ini mulai dibangun pada bulan Maret 2020 dan diresmikan pada bulan Mei 2021 lalu.

Director of Public Affairs, Communications and Sustainability of PT Coca-Cola Indonesia dan Ketua Pelaksana CCFI, Triyono Prijosoesilo, menjelaskan bahwa Water stewardship dan pengelolaan air (water management) yang bertanggung jawab telah menjadi prioritas Coca-Cola sejak lama.

"Kami selalu berupaya untuk memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat dan ekosistem lingkungan di masa depan. Selama bertahun-tahun, Coca-Cola telah menjalankan berbagai Community Water Program guna membantu meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi bagi masyarakat Indonesia. Kami berharap dapat terus mengembangkan kerja sama ini dengan para mitra kami,” paparnya melalui siaran tertulis yang diterima Tribun Jogja, Selasa (31/8/2021).

Embung Grigak yang terletak di Dukuh Karang, Kelurahan Girikato, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul ini merupakan daerah yang tandus dengan kondisi tanah yang berupa perbukitan kapur.

Untuk mendapatkan akses air, para petani biasanya menunggu musim hujan yang menyebabkan mereka kesulitan untuk bercocok tanam sepanjang tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved