Yogyakarta

Jubir Satgas Covid-19 DIY Tegas Tolak Pejabat yang Ingin Vaksin Booster

Untuk pemberian booster vaksin jenis moderna hanya diberikan untuk nakes.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tegas terhadap pengalokasian vaksin moderna yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan (nakes) sebagai booster vaksin atau pemberian vaksin tambahan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 pemerintah DIY Berty Murtiningsih mengatakan, untuk pemberian booster vaksin jenis moderna hanya diberikan untuk nakes.

Namun demikian pada kenyataannya sebagian pejabat di beberapa daerah sudah ada yang lebih dulu mendapat booster vaksin jenis Moderna itu.

"Untuk DIY vaksin Moderna hanya diberikan kepada nakes saja," katanya, saat dihubungi Tribunjogja.com, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Pemda DIY Agar Percepat Vaksinasi Bagi Difabel, Lansia dan Anak

Semisal ada pejabat di DIY yang hendak menggunakan vaksin tambahan jenis moderna itu, menurut Berty tidak akan dibolehkan.

"Tidak bisa, ini kebijakan dari pusat, jadi seperti itu aturannya," ujarnya.

Dia mengatakan jatah vaksin tambahan jenis Moderna untuk para nakes di DIY sudah mencukupi.

Hanya saja, beberapa dari para nakes itu ada yang sudah terpapar Covid-19 sehingga harus menunggu sampai dibolehkan untuk menerima vaksin ke tiga itu.

"Yang di DIY sudah sesuai jumlah nakes. Hanya saja ada nakes yang penyitas (Covid-19) harus kami tunggu sampai boleh divaksin," terang dia.

Data dari Dinkes DIY mencatat, cangkupan nakes yang mendapat vaksin booster dosis pertama sebanyak 15.525, dengan penyaluran sebesar 45,93 persen. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved