Breaking News:

Hasil Survei Elektabilitas Indikator Politik Indonesia: Prabowo, Ganjar dan Anies Bersaing Ketat

Hasil Survei Elektabilitas Indikator Politik Indonesia: Prabowo, Ganjar dan Anies Bersaing Ketat

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat bersama Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat bersama antara DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) membahas rencana kerja Kemhan tahun 2020 beserta dukungan anggarannya. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bersaing ketat dalam survei elektabilitas calon presiden 2024 yang digelar oleh Indikator Politik Indonesia.

Dari tiga simulasi dalam survei yang dilakukan pada 30 Juli 2021-4 Agustus 2021 tersebut, elektabilitas Prabowo Subianto selalu menempati urutan tertinggi.

Kemudian disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diurutan kedua dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan ketiga.

Prabowo Subianto meraih 26,2 persen, Ganjar Pranowo meraih 20,8 persen dan Anies Baswedan meraih 15,5 persen.

Sementara Agus Harimurti Yudhoyono menempati urutan ke-6 dengan meraih prosentase 5,4 persen.

Sedangkan Airlangga Hartarto dan Puan Maharani berada di peringkat 12 dan 14.

"Tiga nama ini yang relatif tinggi dibanding nama-nama lain," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers, Rabu (25/8/2021) seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com dalam artikel berjudul "Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo 26,2 Persen, Disusul Ganjar dan Anies".

Menurut Burhanuddin, elektabilitas Prabowo di atas belum cukup untuk dapat mengantongi kemenangan pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang karena masih ada Ganjar dan Anies yang menyusul di bawahnya.

Lebih lanjut, Burhanuddin menyebut tren elektabilitas Prabowo mengalami peningkatan dibandingkan pada April 2021 sebesar 19,3 persen.

Burhanuddin menilai, hal itu tidak lepas dari tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menurun pada periode survei kali ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved