Breaking News:

Berita Kesehatan

Penyebab Air Kencing Berbusa : dari Ginjal, Diabetes Hingga Hanya Masalah Sepele

Urine berbusa juga bisa menandakan hal yang normal akibat dari pelepasan air kencing yang terlalu cepat

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Freepik
Ilustrasi buang air kecil 

TRIBUNJOGJA.COM - Air kencing berbusa atau berbuih bisa terjadi akibat kondisi kesehatan tertentu. Bisa akibat diabetes atau karena ginjal. Namun, urine berbusa juga bisa menandakan hal yang normal akibat dari pelepasan air kencing yang terlalu cepat.

Sebagaimana diketahui, urine biasanya berwarna kuning pucat sampai kuning tua dan juga tak berwarna.

Berbagai faktor, dari menu makanan, obat-obatan hingga penyakit, dapat menyebabkan perubahan warna dan buih pada urin Anda.

Jika urine Anda terlihat berbusa, bisa jadi hanya karena kandung kemih Anda penuh. Kemudian urine dilepaskan dengan kuat hingga mengaduk air di toilet. Lalu timbul buih atau busa. Kondisi ini tidak masalah terutama jika terjadi hanya sesekali.

Terkadang, urin juga bisa berbusa saat terkonsentrasi. Urin Anda lebih pekat jika Anda tidak minum banyak air dan mengalami dehidrasi .

Urine yang berbusa juga dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki terlalu banyak protein, seperti albumin , dalam urin Anda. Protein dalam urin Anda bereaksi dengan udara untuk menghasilkan busa.

Biasanya, ginjal Anda menyaring air ekstra dan produk limbah dari darah Anda ke dalam urin Anda. 

Protein dan zat penting lainnya yang dibutuhkan tubuh Anda terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam penyaring ginjal, sehingga mereka tetap berada dalam aliran darah Anda.

Tetapi ketika ginjal Anda rusak, mereka tidak menyaring sebagaimana mestinya. 

Ginjal yang rusak dapat menyebabkan terlalu banyak protein bocor ke urin Anda. Ini disebut proteinuria. Ini adalah tanda penyakit ginjal kronis atau kerusakan ginjal tahap akhir, yang disebut penyakit ginjal tahap akhir .

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved