Breaking News:

Jawa

Beredar Video Kera Turun Gunung, BPBD Magelang Sebut Tidak Berkaitan dengan Aktivitas Merapi

Turunnya kera di wilayah Kecamatan Srumbung bukan kali pertama terjadi.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
Net
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang memberi tanggapan terkait beredarnya video amatir yang berisi segerombolan kera turun di wilayah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Pihaknya menilai turunnya beberapa kera  bukan karena efek dari aktivitas Merapi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Mhd Muzamil mengatakan, turunnya kera di wilayah Kecamatan Srumbung bukan kali pertama terjadi.

Baca juga: Kera Jenis Makaka di Merapi Turun Gunung, Begini Penjelasan TNGM

"Ini, sudah kami konfirmasi ke relawan Srumbung. Kalau video yang beredar itu berada di sekitar Desa Kemiren dan Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Fenomena turunnya kera kali ini tidak berhubungan dengan aktivitas Merapi. Di mana, kera memang sudah rutin turun untuk mencari makanan biasanya  dari makanan sisa para penambang. Apalagi, ditambah dampak dari luncuran lava pijar pada (22/07/2021) lalu yang mencapai 3 kilometer  yang membakar sebagian hutan di atas. sehingga membuat para kera kehilangan tempat untuk mencari makanan," terangnya kepada Tribunjogja.com, pada Selasa (24/08/2021).

Sementara itu, pihaknya menilai aktivitas Merapi hingga saat ini masih terpantau landai.

Namun, masyarakat tetap diimbau untuk siaga dan waspada serta mencari informasi terkait Gunung Merapi dari sumber yang terpercaya.

"Untuk hari ini, aktivitasnya masih terpantau landai, semoga mandali. Saat ini pun, masyarakat sekitar Merapi masih beraktivitas normal. Kami pun meminta untuk mencari informasi terkait aktivitas Merapi dari sumber terpercaya seperti BPPTKG , BPBD Magelang, atau media berita yang kredibel," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved