Breaking News:

Jawa

Desa Jonggrangan di Klaten Dijadikan Pilot Project Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama

Desa Jonggrangan terpilih karena di desa tersebut memiliki keragaman  sejumlah  agama, serta tidak terjadi konflik agama selama beberapa dekade.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Humas Setda Klaten
Pengukuhan PKUB Desa Jonggrangan Klaten, Sabtu (21/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dicanangkan sebagai pilot project desa sadar kerukunan umat beragama.

Desa itu, juga telah membentuk Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) dan dikukuhkan kepengurusannya pada Sabtu (21/8/2021).

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah Musta'in Ahmad berharap PKUB dan Desa Sadar Kerukunan, Desa Jonggrangan dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Baca juga: Curhat Pedagang Bendera di Klaten Jelang HUT Ke-76 RI, Dua Pekan Sepi Sekarang Mulai Menggeliat

"Kita berharap ini menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di tingkat kabupaten kota di Jawa Tengah dalam merawat kerukunan antar umat beragama di masyarakat," ujar Kakanwil.

Ia juga menjelaskan bahwa Desa Jonggrangan  ditetapkan sebagai desa sadar kerukunan karena telah memenuhi beberapa kriteria dan memenuhi syarat.

"Penetapan ini dilakukan berdasarkan hasil musyawarah dan diputuskan melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kabupaten Klaten, dan di Kanwil kita mengeluarkan SK nya," ungkapnya.

Desa Jonggrangan ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan karena di desa tersebut memiliki keragaman  sejumlah  agama, serta tidak terjadi konflik agama selama beberapa dekade dan juga keberagaman tempat ibadah yang bisa hidup berdampingan satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Pelaku Seni dan PKL di Klaten Terima Bantuan Sembako dari Pemkab

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh  Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya  dengan ditandai penyerahan Surat Keputusan oleh Ketua PKUB Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi.

Surat Keputusan sebagai Desa Sadar  Kerukunan diserahkan  kepada Kepala Desa Jonggrangan Klaten Utara Sunarno, SE  tertanggal 3 Juni 2021 Nomor  678 tahun 2021.

Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah Taslim Sahlan  mengatakan bahwa terbentuknya PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan di Klaten merupakan langkah maju untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama dari lingkup yang paling bawah yakni dari tingkat  Desa atau Kelurahan.

"Tupoksi FKUB dan PKUB adalah merawat kerukunan  antar umat beragama di masyarakat," ujarnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved