Breaking News:

Bisnis

Curhat Pedagang Bendera di Klaten Jelang HUT Ke-76 RI, Dua Pekan Sepi Sekarang Mulai Menggeliat

Penjualan bendera merah putih mulai menggeliat menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia di Klaten, Kamis (5/8/2021).

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Penjualan bendera merah putih mulai menggeliat menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (5/8/2021).

Meski demikin, para penjual bendera merah putih dan pernak-pernik Kemerdekaan di Klaten sempat juga merasakan sepi pembeli.

Seorang pedagang bendera yang berjualan di Jalan Yogyakarta-Solo, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Dadan Hamdani (40) mengaku sudah dua minggu mulai berjualan bendera di lokasi itu.

"Saya sudah dua minggu berjualan bendera disini, kalau tahun lalu jualan bendera di Klaten kota. Sekarang coba di Prambanan saja," ujarnya saat Tribunjogja.com temui di lapaknya, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Jelang HUT Ke-75 RI, Penjualan Bendera dan Aksesoris Kemerdekaan di Klaten Masih Sepi Pembeli

Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan Peringatan Kemerdekaan tahun lalu, tahun 2021 ini terbilang sepi pembeli.

"Kalau dulu sebelum memasuki Agustus itu penjualan sudah mulai ramai, sekarang nggak begitu cenderung sepi malah sejak dua minggu," ucap dia.

Ia mengatakan, penjualan bendera dan pernak-pernik kemerdekaan yang ia jual, baru mengalami peningkatan penjualan pada 1 Agustus 2021.

Sejak tanggal 1 hingga 4 Agustus 2021, bendera yang ia jual laku sebanyak 4 kodi atau 80 picis.

Menurutnya, saat ini yang paling banyak dibeli oleh masyrakat berupa bendera merah putih ukuran menengah untuk dipasang di depan rumah.

Baca juga: Lesunya Penjualan Bendera di Yogyakarta Saat Pandemi Covid-19

"Kalau pembelinya banyak pengendara yang melintas dan warga sekitar Prambanan sini," ucapnya.

Selain bendera merah putih, kata Dadan, dirinya juga menjual umbul-umbul, background hingga bandir.

"Kalau harga relatif sih, kan masih bisa ditawar, kalau background yang panjang 10 meter saya jual Rp2 ribu. Kalau yang panjang 5 meter Rp120 ribu," imbuhnya.

Sementara itu, seorang pembeli bendera Sutanto (43) mengaku membeli bendera merah putih untuk dipasang di depan rumahnya.

"Bendera saya yang lama sudah nggak ketemu karena baru pindah rumah. Ini saya beli untuk dipasang depan rumah untuk menyambut hari kemerdekaan," katanya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved