Breaking News:

Minta Harga Tes PCR di Sleman Turun, Bupati Kustini: Jika Tidak Sesuai Akan Kami Panggil 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta harga layanan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) di Kabup

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Ahmad Syarifudin
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta harga layanan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Sleman turun.

Sebab, itu adalah permintaan langsung dari Presiden Joko Widodo.

Kustini meminta Dinas Kesehatan agar pro-aktif melakukan pengawasan.

Jika kedapatan masih belum menurunkan harga, maka bisa dilakukan pemanggilan.

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 20 Agustus 2021: Tambah 820 Kasus Baru, 47 Pasien Meninggal

"Untuk (tarif) PCR turun itu, kami akan koordinasikan dengan laboratorium dan juga rumah sakit yang ada. Kami lihat tarifnya turun atau tidak. Jika tidak sesuai Kemenkes, kami akan panggil," kata Kustini, melalui keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021). 

Menurutnya, pemanggilan dilakukan untuk meminta penjelasan kepada faskes mengapa tarifnya masih tinggi.

Karena, sesuai kebijakan Kementerian Kesehatan, Pemkab Sleman juga berupaya untuk melakukan pengawasan. Ia meminta agar biaya tes PCR yang ada di Sleman bisa satu suara, sesuai permintaan dari Presiden. 

Penurunan harga PCR, menurut Kustini selama ini memang ditunggu masyarakat. Sebab dengan mahalnya biaya tes yang digunakan untuk mendiagnosa Covid-19 itu, masyarakat cukup terbebani.

"Saya kira ini yang ditunggu oleh masyarakat karena PCR itu kan jadi syarat orang bepergian. Maka kalau terlalu mahal, masyarakat jadi sulit semuanya," kata dia. 

Diketahui, Presiden Joko Widodo dalam keterangan melalui kanal YouTube Setpres memerintahkan agar harga tes polymerase chain reaction (PCR) diturunkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved