Breaking News:

Nostalgia Zundapp Combinette, Motor Klasik Eropa Tahun 60-an

Meski terkesan kurang masuk akal, tak sedikit orang yang membeli sepeda motor sebagai sebuah investasi. Nyatanya, beberapa jenis motor klasik memiliki

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Hanif Suryo
Zundapp Combinette milik Angga Catur (28) asal Klaten Selatan 

TRIBUNJOGJA.COM - Meski terkesan kurang masuk akal, tak sedikit orang yang membeli sepeda motor sebagai sebuah investasi. Nyatanya, beberapa jenis motor klasik memiliki harga jual yang kian melejit.

Hal tersebut tentu saja dipengaruhi beberapa alasan, mulai dari desain yang everlasting, populasinya yang langka, serta nilai historis yang menjadikan motor-motor tersebut incaran para kolektor.

Satu di antara motor klasik yang layak jadi koleksi sekaligus memiliki nilai investasi yakni Zundapp Combinette, produksi 60-an.

Angga Catur (28) asal Klaten Selatan ialah satu di antara yang kesengsem pada Zundapp Combinette, dan kini ia beruntung dapat mengoleksinya.

Baca juga: Milvarra Pohan Rilis Lagu Berbahasa Batak Ingkon Ho

Diceritakan Angga, Zundapp Combinette rilisan 1961 miliknya didapat dari seorang kolektor di Solo, Jawa Tengah. Mulanya, Zundapp Combinette berkelir biru-putih tersebut tengah diperbaiki di sebuah bengkel khusus motor klasik yang merupakan bengkel milik tetangganya.

Lantaran tertarik dengan motor berkapasitas mesin 50cc tersebut, Angga kemudian menanyakan pada pemilik bengkel perihal pemilik motor tersebut.

"Ketika itu si pemilik motor belum berniat menjual Zundapp Combinette ini, namun saya kejar terus. Sampai saya sambangi di kediamannya di Solo, coba ambil hatinya, dan akhirnya beliau bersedia melepas koleksinya tersebut," ujar Angga.

"Kebetulan, beliau punya dua unit Zundapp Combinette, biru dan hijau. Namun beruntungnya, justru motor berkelir biru inilah yang dilepas pada saya, lengkap dengan surat saktinya, BPKB dan STNK," tambah pemilik kedai kopi 'Noena Coffee and Foods' di  Bangilan, Ngalas, Klaten Selatan ini.

Kondisi motor Zundapp Combinette ini terbilang istimewa. Dikatakan Angga, motor miliknya memang dalam kondisi full restorasi, namun mayoritas tetap mempertahankan part-part original mulai dari handpad, pedal, tromol depan, speedometer, holder, velg, headlamp, stoplamp dan beberapa pernik motor lainnya.

Lebih lanjut, Angga mengungkapkan bahwa Zundapp Combinette ini bukanlah motor lawas pabrikan Eropa yang pertama ia miliki. Sebab, sebelumnya ia pernah memiliki Zundapp KS50.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved