Breaking News:

Mengenal Lebih Dekat Sosok Berjasa Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Bapak Kepanduan Dunia yakni Robert Baden-Powell, di Indonesia kita juga memiliki sosok Bapak Pramuka Indonesia yakni Sri Sultan Hamengku Buwono IX

| profilbos
Sri Sultan Hamengku Buwono IX 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hari ini, 14 Agustus 2021 bertepatan dengan momen Peringatan ke-60 Hari Pramuka.

Hal tersebut menandakan bahwa Gerakan Pramuka telah lama ada di Indonesia.

Bila saat menjadi anggota Pramuka dulu kita hanya mengenal sosok Bapak Kepanduan Dunia yakni Robert Baden-Powell, di Indonesia kita juga memiliki sosok Bapak Pramuka Indonesia yakni Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX dikenal sebagai Raja Keraton Yogyakarta yang bertahta di masanya dan memiliki segudang jasa untuk rakyat dan bangsa Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Kwarda DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 4 periode 1961-1974.

Beliau menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tertinggi Pramuka Dunia “Bronze Wolf” (Serigala Perunggu) dari Presiden World Scout Conference Mr. William D. Campbell dan Sekjen World Scout Bureau Geneva Dr. Laszlo Nagy, dalam sebuah upacara di Silang Monas, Jakarta, 1 Juni 1974.

Baca juga: Kharisma Sang Raja di Pameran Tahta untuk Rakyat, Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Baca juga: Mengenal Sosok Raja yang Membumi dalam Pameran Tahta untuk Rakyat, Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Penghargaan Bronze Wolf diberikan oleh Komite Pramuka Dunia (World Scout Committee) sebagai pengakuan atas jasa-jasa seseorang kepada Gerakan Pramuka Dunia.

Prestasi sosok yang lahir pada 12 April 1912 dalam bidang kepramukaan adalah berhasil menggabungkan sekitar 70 organisasi kepanduan yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX mengemban tugas sebagai Ketua Kwartir Nasional hingga belasan tahun, berakhir pada tahun 1974.

Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 1973-1978 ini berhasil memperkenalkan dan mempopulerkan gerakan pramuka di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved