CPNS Jogja

CEK Waktu Pengumuman Masa Sanggah CPNS 2021

Untuk pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi atau tidak lolos CPNS ini, diberikan kesempatan mengajukan sanggahan pada instansi

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Joko Widiyarso
CEK Waktu Pengumuman Masa Sanggah CPNS 2021
Instagram @bkngoidofficial
Ilustrasi: Masa Sanggah CPNS 2021

TRIBUNJOGJA.COM - Hasil seleksi administrasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 sudah dirilis oleh sebagian besar instansi pada 2-3 Agustus 2021 lalu.

Untuk pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi atau tidak lolos CPNS ini, diberikan kesempatan mengajukan sanggahan pada instansi yang dituju pada laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, masa sanggah hasil administrasi CPNS dijadwalkan setelah pengumuman hingga 6 Agustus 2021.

Seluruh instansi wajib memberi jawaban atas sanggahan yang diajukan oleh pelamar.

Paryono juga menjelaskan, dalam masa sanggah, nantinya instansi akan kembali memverifikasi kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang telah ditetapkan dengan dokumen yang diajukan pelamar.

“(Pemberian tanggapan dan verifikasi kembali dilakukan) sampai dengan penetapan keputusan sanggah,” jelas Paryono.

Seperti dalam Pengumuman BKN Nomor 6210/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang Penyesuaian Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2021, batas waktu instansi memberi jawaban sanggah yaitu pada 13 Agustus 2021.

Panitia seleksi instansi bisa menerima atau menolak alasan sanggah yang telah diajukan pelamar.

Alasan sanggahan bisa diterima dan dianggap relevan dalam hal kesalahan bukan berasal dari pelamar melainkan dari Instansi.

Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, pengumuman pasca masa sanggah akan berlangsung pada 15 Agustus 2021.

Apabila sanggahan yang diajukan oleh pelamar diterima, maka panitia seleksi instansi akan mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi setidaknya tujuh hari sejak berakhirnya waktu pengajuan sanggah.

Melihat dari seleksi CPNS 2019, pengumuman hasil sanggah dapat diakses pada laman SSCASN dan kanal resmi tiap instansi.

Maka dari itu, pelamar juga bisa memantau secara berkala melalui situs instansi untuk pengumuman hasil sanggah.

Untuk pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau tetap tidak lolos pada masa sanggah ini berarti tak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sementara untuk peserta yang dinyatakan lolos atau memenuhi syarat pasca pengumuman masa sanggah, dapat melanjutkan ke seleksi kompetensi dasar (SKD).

SKD nantinya dilangsungkan dengan metode computer assisted test (CAT), yang memuat 110 butir soal dalam waktu 100 menit.

Tes SKD sendiri terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensi Umum (TIU).

( MG_Tribun Jogja | Anindia Dwiningtyas Noviaristika )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved