Breaking News:

Kota Yogyakarta

Perpanjangan PPKM Level 4, Pemkot Yogya Fokus Tekan Mobilitas Warga di Pemukiman

Pemkot Yogyakarta menggeser fokusnya untuk menurunkan mobilitas warga di pemukiman selama perpanjangan PPKM Level 4, hingga 9 Agustus 2021.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggeser fokusnya untuk menurunkan mobilitas warga di pemukiman selama perpanjangan PPKM Level 4, hingga 9 Agustus 2021.

Pasalnya, sumber penularan Covid-19 diketahui banyak berasal dari orang terdekat.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berujar, penularan virus cenderung terjadi melalui kontak erat di rumah, serta perkantoran.

Dengan keberadaan varian delta, corona terbukti bisa begitu cepatnya menular di antara anggota keluarga.

Sementara mobilitas di jalan dan tempat-tempat umum, imbuhnya, bisa diatasi dengan penyekatan dan pembatasan akses keluar masuk.

Baca juga: Perpanjangan PPKM Level 4, Pemkot Yogyakarta Bakal Wujudkan Malioboro Kawasan Bervaksin

Sesuai data yang dimilikinya, langkah tersebut sanggup menurunkan mobilitas masyarakat sepanjang PPKM, hingga mencapai 50 persen.

"Tapi, ketika dilihat dari pemukiman, penurunan mobilitas yang tejadi hanya 19 persen. Itu berarti tingkat mobilitas di pemukiman masih sangat signifikan, ya, untuk terjadinya penularan Covid-19," katanya, Rabu (4/8/2021).

Oleh sebab itu, selama masa perpanjangan PPKM Level 4, pihaknya akan fokus pada upaya penyekatan dan pemisahan kasus Covid-19 di pemukiman.

Posko dan Satgas Kelurahan, atau Kecamatan, bakal dikonsentrasikan, agar secepatnya menangani kasus anyar secara terintegrasi.

"Secepatnya dilakukan isolasi, baik di selter kota, maupun wilayah. Sehingga, yang negatif tidak tertular dari yang satu rumah, atau ruangan yang positif," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved