Breaking News:

Lima Poin Untuk Membangun Sistem Kesehatan Nasional

Sebuah realitas sosial pandemi hingga saat ini masih berlangsung. Dan tidak menutup kemungkinan peristiwa sejenis akan terjadi lagi.

Editor: ribut raharjo
FREEPIK via kompas.com
Ilustrasi Isolasi Mandiri 

Oleh: Satrio Toto Sembodo

TRIBUNJOGJA.COM - Tulisan ini dibuat untuk memahami pagebluk Covid-19 dari perspektif berbeda, sebagai instrumen evaluatif dan perlunya kebijakan baru sistem kesehatan nasional secara keseluruhan.

Wabilkhusus dalam membangun budaya sehat masyarakat yang ditopang oleh kesiapan negara dalam mengelola isu kesehatan di masa depan.

Sebuah realitas sosial pandemi hingga saat ini masih berlangsung. Dan tidak menutup kemungkinan peristiwa sejenis akan terjadi lagi sebagai bagian dari isu mendasar dan pokok yang akan dihadapi negara dan masyarakat di masa depan.

Beberapa isu pokok seperti kesehatan, ketahanan dan kedaulatan pangan, lingkungan hidup, tata kelola pemerintahan yang profesional dan modern yang cocok dengan sistem konstitusi NKRI akan selalu menjadi diskursus yang selalu menarik.

Melalui metode pendekatan analisa problem oriented policing (POP) yang disampaikan Herman Goldstein, terkenal dengan formula Scanning Analyzing Response Assesment kita gunakan untuk membedah persoalan sistem kesehatan nasional saat ini.

Formula untuk menghadapi ancaman kesehatan yang bersifat extraordinary bahkan extreme seperti pandemi Covid-19, setidaknya ada 5 poin penting yang membutuhkan perhatian serius di masa depan :

1. Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat berbasis gerakan kolektif yang difokuskan pada kesadaran, kemauan dan kegiatan yang dikaitkan dengan hidup sehat dalam lingkungan masyarakat.

Kemampuan masyarakat untuk mengenali dan mencegah penyakit epidemik, pandemik dan genetik yang menjadi persoalan kesehatan publik.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved