Breaking News:

Klaten Siapkan Isolasi Terpusat Khusus Ibu Hamil dan Menyusui yang Terpapar COVID-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah menyiapkan tempat isolasi terpusat khusus untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang terpapar COVID-19

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Penampakan Edotel Klaten yang disiapkan sebagai tempat isolasi terpusat khusus ibu hamil dan menyusui, Selasa (3/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah menyiapkan tempat isolasi terpusat khusus untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang terpapar COVID-19 di daerah itu.

Hal tersebut dimaksudkan agar Satgas COVID-19 Klaten lebih mudah memantau kesehatan para ibu hamil serta bayi yang dikandung meski sedang terpapar COVID-19.

Adapun tempat isolasi terpusat yang disiapkan untuk menampung ibu hamil dan menyusui adalah tempat isolasi terpusat Edotel yang berada di Gayamprit, Klaten Selatan.

Baca juga: Gugus Tugas Covid-19 Kulon Progo Perkuat 3 T Selama Perpanjangan PPKM Level 4 

"Edotel ini menjadi inovasi kami bahwa edotel akan kami jadikan tempat isolasi terpusat khusus untuk ibu hamil dan ibu menyusui, ini terobosan kami dari rapat kemarin," ujar Bupati Klaten Sri Mulyani saat Tribun Jogja temui di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (3/8/2021).

Menurut Mulyani, pada awalnya tempat isolasi terpusat Edotel tersebut pada awalnya digunakan untuk umum.

"Awalnya kan (Edotel) itu kondisinya dipakai untuk umum atau untuk laki-laki dan perempuan. Tapi saat ini sudah mulai kita tata bahwa edotel ini sebagai tempat isolasi terpusat khusus ibu hamil dan ibu menyusui," ucapnya.

Adapun pertimbangan untuk mengkhususkan Edotel sebagai tempat isolasi terpusat ibu hamil dan ibu menyusui agar para ibu-ibu tersebut bisa sehat dan asupan gizi kandungannya terjaga.

"Lagian ibu hamil ini akan kita rawat agar saat lahir tidak terjadi stunting dan asupan gizinya bisa terpenuhi," jelas Ketua Satgas COVID-19 Klaten tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi mengatakan terdapat 12 tempat tidur tambahan yang disiapkan untuk menampung ibu hamil dan ibu menyusui di Edotel.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemda DIY Fokus Perkuat 3T dan Tekan Angka Kematian Pasien Covid-19

"Kita siapkan 12 tempat tidur tambahan di edotel itu, kalau kapasitas awal ada 38 tempat tidur dan sekarang jadi 50 tempat tidur," ucapnya.

Menurut Jaka, untuk tahap awal para ibu hamil dan ibu menyusui yang menjalani isolasi terpusat di Edotel Klaten bakal ditempatkan di lantai satu.

"Mereka di lantai satu kita khususkan untuk agar tidak naik turun tangga, kalau ibu hamil naik turun tangga kan riskan jadi kita usahakan di lantai satu," imbuhnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved