Breaking News:

Data Tak Sinkron, Sejumlah Penerima di Sleman Belum Dapat Bansos Tunai 

Pemerintah Kabupaten Sleman mempercepat penyaluran sejumlah bantuan kepada warga yang kesulitan ekonomi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman mempercepat penyaluran sejumlah bantuan kepada warga yang kesulitan ekonomi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Satu di antaranya, yaitu Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan dari Kemensos periode Mei - Juni ini sudah dicairkan pada akhir Juli lalu.

Namun di Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) dikabarkan ada yang belum dapat mencairkan bantuan.

Baca juga: RESEP Membuat Kimchi, Makanan Khas Korea yang Enak ala DR. Zaidul Akbar

Penyebabnya, nama pada kartu tanda penduduk (KTP) dengan data penerima bantuan tidak singkron. Alhasil, bantuan sebesar Rp 600 ribu itu belum bisa dicairkan. 

"Bagi warga yang datanya tidak singkron, kami minta untuk memperbaiki data kependudukannya," kata Lurah Hargobinangun, Amin Rujito, dihubungi Selasa (3/8/2021). 

Amin mengungkapkan, bansos tunai yang disalurkan lewat PT Pos Indonesia itu berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) sehingga apabila ada data yang tidak singkron maka bantuan tidak bisa dicairkan.

Menurut dia, warganya yang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial tunai namun hingga kini belum bisa mencairkan bantuan ada sekitar 10 keluarga. 

Mereka telah diminta agar segera memperbaiki dokumen data kependudukan. Namun batas pencairan bansos periode ini sudah berakhir pada akhir Juli lalu.

 "Mudah-mudahan bantuan bisa dirapelkan bulan depan," harap Amin.

Selain bansos tunai, Kalurahan Hargobinangun juga sudah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) sebesar Rp 300 ribu perbulan kepada 136 penerima.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved