Breaking News:

Yogyakarta

Tak Bertahan Lama, Bendera Putih Simbol Menyerah Pedagang di Malioboro Ditertibkan Satpol PP

Penertiban itu karena letak bendera telah melanggar satu di antara Perda tentang pemasangan atribut atau simbol-simbol di kawasan tertentu.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Satpol PP Kota Yogyakarta.
Proses penurunan bendera putih di Malioboro oleh petugas Satpol PP Kota Yogyakarta, Jumat (30/7/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemasangan bendera putih simbol menyerahnya para pedagang di kawasan Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Jumat (30/7/2021) pagi tak berlangsung lama.

Pasalnya, tak lebih dari dua jam seusai bendera itu di pasang, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta datang untuk menurunkan puluhan bendera putih tersebut.

Kasatpol PP Kota Yogyakarta Agus Winarto mengatakan, alasan utama dilakukan penertiban itu karena letak bendera telah melanggar satu di antara Peraturan Daerah (Perda) tentang pemasangan atribut atau simbol-simbol di kawasan tertentu.

"Ditertibkan karena melanggar perda. Gak boleh ada simbol-simbol gitu di kawasan Jalan Malioboro," katanya, saat dihubungi Tribunjogja.com, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Cerita PKL Malioboro Kibarkan Bendera Putih : Penghasilan Macet Total, Bantuan pun Terasa Jauh

Selain itu, Agus juga mengatakan untuk saat ini pemerintah sudah memahami bahwa kondisi ekonomi sekarang sedang sulit.

"Sekarang gini, kayak gitu kan simbol angkat tangan, minta tolong. Pemerintah udah ngerti. Jadi simbolisasi kayak gitu enggak perlu lah," jelas dia.

Ia melanjutkan, pihak Satpol PP DIY dan pemerintah memahami kesulitan para pedagang dalam mencari nafkah di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Di waktu saat ini siapa sih yang gak mau berekspresi. Saya juga mau berekspresi, tapi gak usah gitu lah. Itu kan ada UPT, sampaikan, dibicarakan," terang dia.

Dari keterangannya, bendera putih itu ditertibkan pada Jumat pagi sekitar pukul 08.00 sampai dengan pukul 09.00,

Baca juga: Simbol Menyerah dan Jauh dari Bantuan, PKL Kibarkan Ratusan Bendera Putih di Sepanjang Malioboro

Pihak Satpol PP dibantu para personel kepolisian dari Polresta Yogyakarta untuk menurunkan bendera simbol menyerah itu.

Menurut informasi di lapangan, bendera putih tersebut dipasang sekitar jam 06.00 dan tak kurang dari dua jam kemudian diturunkan oleh petugas Satpol PP Kota Yogyakarta.

"Tadi sekitar jam 8 sampai 9 pagi. Ya dipasang itu pagi, mungkin jam 7 tadi," jelasnya.

Meski dikatakan telah melanggar perda, pihak Satpol PP tidak memberlakukan sanksi apa pun kepada pemasang bendera tersebut.

"Enggak lah. Kami memahami, tidak ada pendekatan ke sana. Hanya kami tertibkan dan pihak UPT Malioboro sudah berbicara dengan mereka (pedagang)," jelasnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved