Breaking News:

Kronologi Tim Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Amankan 6 Orang yang Diduga Anggota KKB

Kronologi Tim Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Amankan 6 Orang yang Diduga Anggota KKB

Editor: Hari Susmayanti
Kolase KOMPAS.com/IRSUL PANCA ADITRA dan Wartakota
Foto Ilustrasi TNI dan KKB Papua 

TRIBUNJOGJA.COM, PAPUA - Enam orang yang diduga anggota KKB diamankan oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs di Pos Skofro Lama Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom, Papua.

Selain mengamankan enam orang yang diduga anggota KKB, tim Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs juga menemukan kartu tanda pengenal OPM dan dokumen tertulis tentang kegiatan yang dilaksanakan dan dokumen hasil rapat pada saat tanggal 1 juli di Markas Victoria Papua Nugini serta 1 buah kelongsong munisi.

Dikutip Tribunjogja.com dari Tribun-Papua.com, Wadan Satgas RI-PNG Yonif 131/Brs Mayor Inf Ahmad Muzani menjelaskan dalam rilis tertulisnya di Arso Barat, Kab. Keerom, Rabu (28/7/2021).

Melansir dari laman kodam1-bukitbarisan.mil.id, Wadan Satgas menjelaskan masyarakat tersebut diamankan pada saat Pos Skofro Lama melaksanakan kegiatan sweeping pada Senin (26/7/2021) yang lalu.

Saat itu pasukan tengah melakukan sweeping sekitar pukul 12.30 WIT.

Kemudian melintas sebuah kendaraan roda empat jenis Avanza warna hitam Nopol PA 1934 AP berpenumpang 7 orang.

Setelah diperiksa diketahui bahwa dari 7 Orang tersebut 1 orang warga Abepura (sebagai supir) dan 6 orang diantaranya diduga sebagai anggota OPM.

Karena ditemukan kartu tanda pengenal OPM, dokumen tertulis tentang kegiatan yang dilaksanakan dan dokumen hasil rapat pada saat tanggal 1 juli di Markas Victoria Papua Nugini serta 1 buah kelongsong munisi.

“Kejadian ini sudah kesekian kalinya terjadi, kami (Satgas) akan terus berusaha untuk mencegah terjadinya pelanggaran lintas batas negara, keluar masuknya barang-barang ilegal serta mempersempit ruang gerak anggota OPM dengan melaksanakan sweeping rutin di setiap pos-pos yang menjadi perlintasan di wilayah Kab. Keerom dan Jayapura”, Ujar Wadan Satgas.

Di tempat terpisah Danpos Skofro Lama mengatakan, dari 7 warga tersebut 6 di antaranya diduga kuat sebagai anggota OPM.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved