Breaking News:

Polres Gunungkidul Turut Salurkan Bantuan Beras Bagi Warga Terdampak PPKM Darurat

Polres Gunungkidul ikut menyalurkan bantuan berupa beras bagi masyarakat yang terdampak PPKM Darurat secara ekonomi. Penyaluran tersebut turut

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Pemberian beras bantuan secara simbolis oleh Dandim 0730/GK Letkol Kav. Anton Wahyudo dan Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah (kanan). 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Polres Gunungkidul ikut menyalurkan bantuan berupa beras bagi masyarakat yang terdampak PPKM Darurat secara ekonomi.

Penyaluran tersebut turut menggandeng Kodim 0730/GK.

Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah menjelaskan aksi pemberian bantuan itu merupakan instruksi dari Kapolri. Beras sendiri disediakan oleh pusat.

Baca juga: BREAKING NEWS: BOR Gunungkidul Capai 90 Persen Hari Ini, Oksigen Disebut Masih Mencukupi

"Selain dari Polri, bantuan beras ini berasal dari Sekretariat Negara dan Menkon Maritim dan Investasi (Marves)," jelas Aditya dalam keterangannya, Kamis (22/07/2021).

Ia menjelaskan, bantuan beras terutama diberikan pada mereka yang belum menerima bantuan lainnya. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau bantuan sosial (bansos) pemerintah.

Menurut Aditya, total bantuan beras yang disiapkan saat ini mencapai 1 ton. Nantinya tiap penerima akan mendapatkan 5 kilogram (kg) beras yang disalurkan dalam bentuk bungkusan.

"Proses penyaluran akan dilakukan oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas di tiap wilayah," katanya.

Aditya pun berpesan agar penyaluran beras tersebut dilakukan sesuai data yang ada. Hal itu guna memastikan bantuan yang diberikan sesuai target dan tepat sasaran.

Ia mengatakan beras 1 ton yang disediakan baru tahap awal. Pada tahap selanjutnya akan disiapkan 10 ton beras agar bisa menjangkau lebih banyak warga yang membutuhkan.

"Kami harap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak," ujar Aditya.

Pelepasan bantuan tersebut telah dilakukan pada Senin (19/07/2021) lalu. Polres Gunungkidul pun memberikan bantuan secara simbolis pada 5 orang perwakilan warga penerima.

Baca juga: Kurang 4 Hari Lagi! BKN Ingatkan Pelamar Segera Selesaikan Proses Pendaftaran CPNS 2021

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sebelumnya juga telah memulai penyaluran beras bantuan pada warga terdampak PPKM Darurat. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Gunungkidul Siwi Iriyanti menyebut ada 95.371 penerima bantuan.

"Kuota beras bantuan yang disediakan mencapai 953.710 kg," kata Siwi.

Jumlah penerima itu terbagi atas 54.896 Kepala Keluarga (KK) dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan 40.475 KK dari penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). Tiap penerima nantinya mendapat 10 kg beras. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved