Breaking News:

Cara Mengatasi NIK dan KK yang Tidak Sesuai Saat Mendaftar Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Data NIK tidak ditemukan, NIK telah terdaftar, sampai dengan NIK tidak sesuai dengan nomor KK mendominasi persoalan pelamar saat pendaftaran CPNS 2021

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Muhammad Fatoni
sscn.bkn.go.id
ILUSTRASI - Informasi seputar CPNS / PPPK 2021 

TRIBUNJOGJA.COM  - Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021 resmi diperpanjang hingga 26 Juli 2021.

Dilansir dari laman bkn.go.id, perpanjangan waktu pendaftaran ini berlaku untuk seluruh Instansi Pusat dan Daerah yang membuka rekrutmen ASN tahun 2021 serta seluruh formasi baik CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non-Guru

Plt Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono, mengingatkan agar para pelamar jangan menunda untuk menyelesaikan proses pendaftaran hingga tenggat waktu pendaftaran berakhir pada 26 Juli 2021 Pukul 23:59 WIB.

Ia menyarankan agar pelamar menyelesaikan pendaftaran di portal SSCASN sebelum deadline untuk menghindari kesalahan saat proses submit dokumen karena terburu-buru.

“Jika sudah mantap dengan pilihan Instansinya dan telah memenuhi kualifikasi serta persyaratan dokumen yang diminta, tidak usah ditunda untuk akhiri pendaftaran,” kata dia seperti dikutip dari laman bkn.go.id.

Baca juga: Minat CPNS Formasi Bidang Kesehatan Rendah

Baca juga: 131 Formasi CPNS dan PPPK Non Guru di Pemkab Kulon Progo Sepi Peminat

Sementara itu, Paryono mengungkapkan pengaduan terbanyak yang disampaikan para pelamar seleksi ASN 2021, khususnya saat pembuatan akun di portal pendaftaran SSCASN BKN yakni permasalahan terjadinya ketidaksesuaian antara data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK)

Mulai dari data NIK tidak ditemukan, NIK telah terdaftar, sampai dengan NIK tidak sesuai dengan nomor KK mendominasi persoalan pelamar saat pendaftaran dimulai pada 01 Juli 2021.

Paryono menyampaikan BKN melalui kanal informasi media sosial dan Helpdesk SSCASN BKN secara berkala mengarahkan peserta untuk mengecek kembali kesesuaian NIK dan KK yang digunakan mendaftar dan jika menemukan kesulitan atau datanya belum mengalami perubahan, para pelamar diminta untuk melakukan updating data NIK dan KK ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021
Pendaftaran Calon Pegawai Negeri (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 (Kompas.com)

Tim SSCASN BKN juga telah melampirkan kontak layanan Dukcapil Pusat di portal pendaftaran guna membantu peserta yang mengalami pembuatan akun di portal, mulai dari call center, whatsapp, dan email.

“Tidak hanya itu, Tim Medsos BKN juga kerap membantu melakukan mention atau tag ke akun medsos Dukcapil pada kolom komentar para pelamar yang mengeluhkan kendala NIK dan KK,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved