Breaking News:

Begini Analisa Epidemilog Soal Target Herd Immunity yang Disampaikan Oleh Presiden Jokowi

Begini Analisa Epidemilog Soal Target Herd Immunity yang Disampaikan Oleh Presiden Jokowi

Editor: Hari Susmayanti
SETPRES/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, yang diresmikan sebagai tempat isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19, Jumat (9/7/2021) hari ini. Presiden Jokowi menuturkan pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit), dan 40 HCU (high care unit) di Asrama Haji Pondok Gede. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman menilai target Presiden Jokowi untuk mencapai herd immunity di Pulau Jawa pada Agustus tahun ini tidak mungkin bisa tercapai.

Sebab, untuk herd immunity minimal ada tiga variabel yang tercapai.

Ketiga variabel itu yakni treshold atau cakupan orang yang divaksin, angka penularan Covid-19 yang minim serta adanya vaksin yang memiliki proteksi atau fungsi yang maksimal untuk mencegah penularan.

Sementara untuk bisa mencapai herd immunity tidak bisa dilaksanakan secara instan, namun harus dilakukan melalui proses yang panjang dan ketiga variabel harus terpenuhi semuanya.

"Jadi kalau disebut herd immunity Agustus ya tidak mungkin. Yang bisa tercapai itu ya pada akhir tahun 2021 itu bisa tercapai cakupan vaksinasi (di Jawa) 85 persen," ujarnya seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com dalam artikel berjudul "Jokowi Targetkan Herd Immunity di Pulau Jawa Tercapai Akhir Agustus, Mungkinkah?", Rabu (21/7/2021).

Artinya, baru satu variabel yang tercapai, yakni target penyuntikan sebagai pendukung kondisi kekebalan komunitas.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan, untuk mencapai herd immunity ada tiga variabel yang harus dicapai secara bersamaan.

Pertama, treshold atau cakupan orang yang divaksin.

"Menurut saya saat ini minimal cakupan vaksinnya 80 persen dari keseluruhan total penduduk," kata Dicky.

Hal ini berdasarkan kondisi pandemi terbaru yang mana terdapat varian delta virus corona yang penularannya sangat cepat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved