Breaking News:

Yogyakarta

Dinkes DIY Masih Butuh Relawan Penanganan Pandemi Covid-19, Berikut Kualifikasinya

Pemda DIY masih membutuhkan relawan tenaga kesehatan penanganan Covid-19 untuk ditempatkan di sejumlah rumah sakit (RS).

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY masih membutuhkan relawan tenaga kesehatan penanganan Covid-19 untuk ditempatkan di sejumlah rumah sakit (RS).

Maka, Pemda DIY menunjuk Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) untuk menjadi panitia rekrutmen.

Hal ini tertuang dalam Surat Nomor 440/04357 tanggal 2 Juli 2021 dan Surat Keputusan (SK) kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY No 446/04368 tentang Penetapan Tim Rekrutmen dan Penugasan Relawan Tenaga Bidang Kesehatan yang Menangani Covid-19 tahun 2021.

Baca juga: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Kirim Relawan Mahasiswa Profesi Ners ke RSUD Wonosari Gunungkidul

“Kami masih membuka rekrutmen untuk para relawan, tidak hanya keperawatan, tapi juga banyak profesi. Pembukaan masih sampai Rabu 14 Juli 2021 nanti,” ungkap Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Joko Susilo SKM MKes dalam konferensi pers secara daring, Senin (12/7/2021).

Dia menjabarkan, untuk jadwal seleksi, termasuk seleksi administrasi dilakukan 8-14 Juli 2021, kemudian untuk pengumuman hasil seleksi, medical check up hingga penetapan penugasan pada 9-19 Juli 2021.

Adapun kualifikasi yang dibutuhkan seperti 168 perawat dengan pendidikan minimal D3 Keperawatan, 1 radiografer pendidikan minimal D3 Radiologi dan 21 Analisis Laboratorium (ATLM) pedidikan D3 ATLM.

Dibutuhkan juga 4 Tenaga Teknis Kefarmasian minimal pendidikan D3 Kefarmasian, 4 Perekam Medik dari D3 Rekam Medik, 2 Bidan dari D3 Kebidanan dan 2 pengemudi ambulans minimal SMA dan memiliki SIM A.

Baca juga: Kasus Positif Melonjak, Posko Dukungan Operasi Satgas Covid-19 Bakal Tambah Jumlah Relawan

Penempatan relawan pada RSUD Nyi Ageng Serang Kulonprogo, RSUD Sleman, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Panembahan Senopati, RSPAU Hardjo Lukito, RSUD Wonosari, RS Akademik UGM, Laboratorium Rujukan Covid-19, Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi serta Public Safety Center (PSC) 119.

“Rekrutmen relawan tahap 1 di awal Juli kemarin sudah ditempatkan di RS, seperti RSPAU Hardjolukito dan RSUD Wonosari,” jelas Joko.

Bagi Anda yang berminat, Anda bisa mendaftar melalui http://rekrutmenrelawanDIY.poltekkesjogja.ac.id/.

Relawan juga akan diberikan insentif. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved