Breaking News:

Kabupaten Bantul

Pemkab Bantul Buka Vaksinasi untuk Anak-anak Usia 12-17 Tahun

Anak-anak akan mendapatkan vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali dengan jarak minimal per dosisnya 28 hari.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
IST
Ilustrasi vaksin covid 19 

TRIBUNJOGJA.COM -  Pemkab Bantul masih prioritaskan lansia dalam program vaksinasi Covid-19, sembari membuka pelayanan untuk masyarakat umum.

Satu di antara sasaran vaksinasi saat ini adalah anak usia 12-17 tahun. 

Jubir Pengelolaan Vaksin Kabupaten Bantul, Abednego Dani Nugroho menyatakan bahwa Pemkab Bantul terus berusaha melakukan percepatan vaksinasi Covid-19.

Satu di antara sasarannya adalah anak-anak usia 12-17 tahun.

Baca juga: Lebih dari 100 Persen Pelayan Publik di Kabupaten Bantul Tervaksinasi Covid-19

Pelayanan vaksin untuk kalangan ini anak-anak ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan (SE Kemenkes) nomor HK.02.02/I/1727/202.

"Vaksin untuk umur 12-17 tahun, sudah dimulai. Pelan-pelan kita mulai, bareng dengan masyarakat umum usia 18-49 tahun," ujarnya Sabtu (10/7/2021).  

Saat ditanya terkait syarat yang diperlukan selain dokumen-dokumen, ia menyatakan bahwa vaksin untuk anak-anak tidak ada syarat khusus.

"Tidak ada syarat khusus, sama dengan kelompok umur lainnya, asalkan sehat ya sudah (bisa vaksin)," imbuhnya.

Adapun dari data per 9 Juli 2021, sudah ada 14 anak di wilayah Kabupaten Bantul yang telah disuntikkan vaksin dosis 1.

Baca juga: Angka Kesembuhan dan Kematian karena Covid-19 di Kabupaten Bantul Masuk Kategori Tinggi

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan bahwa khusus anak-anak akan mendapatkan vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali dengan jarak minimal per dosisnya 28 hari.

Sementara untuk ketersediaan vaksin Sinovac di Kabupaten Bantul saat ini berjumlah 11.500 dosis. Sedangkan untuk Astrazeneca sebanyak 5.110 dosis.

Untuk memudahkan masyarakat melakukan vaksinasi, Pemkab Bantul terus melakukan inovasi dan akan meluncurkan website yang digunakan untuk pendaftaran vaksin.

"Kami sudah minta ke Kominfo untuk dibuatkan web, jadi masyarakat Bantul bisa membuka web dan memilih vaksin di mana, tanggal berapa. Jadi sudah lebih teratur, terjadwal. Web ini untuk antisipasi agar orang lebih nyaman, tidak ada antrean dan berebut," tambahnya.( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved