Breaking News:

Pendidikan

FT UGM Serahkan Bantuan Hand Wash dan Face Shield di 30 Puskesmas Gunungkidul

Fakultas Teknik (FT) UGM mendistribusikan hand wash dan face shield di 30 puskesmas Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
FT UGM Serahkan Bantuan Hand Wash dan Face Shield di 30 Puskesmas Gunungkidul 

TRIBUNJOGJA.COM - Fakultas Teknik (FT) UGM mendistribusikan hand wash dan face shield di 30 puskesmas Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Produk alat cuci tangan dan alat pelindung ini merupakan hasil pengembangan sendiri oleh tim FT UGM.

Jayan Sentanuhady sebagai koordinator pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat FT UGM mengatakan pemilihan puskesmas di Gunungkidul dikarenakan wilayah ini memiliki banyak pekerja non-formal yang memiliki tingkat mobilitas tinggi terutama dari Jakarta dan juga kota-kota besar lainnya.

“Kita fokuskan bantuan ini ke Gunungkidul terlebih dahulu,” kata Jayan dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Epidemiolog UGM Sebut Pemberian Vaksin Dosis Ketiga Sebaiknya Mengacu dari Hasil Data Riset

Jayan menceritakan pendistribusian bantuan ini sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2020 dengan mendistribusikan 30 hand wash tipe manual dan 600 unit face shield ke 30 puskesmas-puskesmas.

Menurutnya  peralatan hand washer tersebut dapat menghambat penyebaran virus Covid-19 lingkungan puskesmas tersebut berada dan faceshield yang khusus diperuntukkan untuk tenaga medis diharapkan dapat melindungi tenaga Kesehatan  dari penularan virus Covid-19.

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama, FT UGM, Dr. Ir. Sugeng Sapto Surjono, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng., mengatakan kegiatan pengabdian ini sebagai bentuk kontribusi FT UGM dalam upaya ikut serta mendukung penanggulangan penyebaran virus Covid-19 ini.

“Kita beri semangat bahwa tenaga medis tidak sendirian, tetapi kami juga ikut bersama-sama dengan memberantas virus Covid-19,” paparnya.

Baca juga: PPKM Darurat dan Potensi PHK Massal, Ini Penjelasan Pakar UGM Dr Hempri Suyatna

Menurut Sugeng, Fakultas Teknik selama masa pandemi ini juga ikut membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dengan memproduksi berbagai hasil inovasi alat kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Berbagai riset dilakukan untuk menghasilkan alat yang berfungsi menekan laju pandemi, juga untuk membantu para tenaga kesehatan maupun pasien Covid-19,” katanya.

Seperti diketahui, beberapa Puskesmas di Gunungkidul yang mendapat bantuan handwasher di antaranya Puskesmas Tepus I, Puskesmas Semanu, Puskesmas Wonosari II, Puskesmas Ponjong II,Puskesmas Karangmojo Idan Puskesmas Playen II.

Adanya Portable hand wash ini diharapkan agar setiap orang yang datang ke Puskesmas mudah melakukan cuci tangan untuk mencegah penularan virus. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved