Breaking News:

Israel Sukses Kembangkan Sistem Pertahanan Laser Udara, Ini Kemampuannya

Israel Sukses Kembangkan Sistem Pertahanan Laser Udara, Ini Kemampuannya

Editor: Hari Susmayanti
AFP/MAHMUD HAMS
Sistem rudal Israel Iron Dome ketika mencegat dan menghancurkan roket yang ditembakkan dari Gaza pada 13 November 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM, TEL AVIV - Militer Israel terus mengembangkan sistem pertahanan canggih untuk mengantisipasi serangan udara.

Setelah menciptakan sistem pertahanan udara Iron Dome, kabar terbaru kembali datang dari Israel yang sukses melakukan uji coba senjata laser udara.

Senjata terbaru Israel ini berhasil menembak jatuh drone bersenjata dalam sejumlah uji coba yang dilakukan oleh militer pada Senin (21/6/2021) lalu.

Keberhasilan uji coba senjata laser udara ini merupakan tonggak bagi pengembangan sistem pertahanan bagi Israel.

Keberadaan sistem pertahanan laser udara ini akan melengkapi sistem pertahanan Iron Dome yang sudah digunakan sebelumnya.

Selama tes yang berlangsung seminggu terakhir, prototipe sistem laser berkekuatan tinggi yang dibawa pada pesawat sipil kecil berhasil mencegat beberapa UAV, kata Yaniv Rotem, kepala unit penelitian dan pengembangan Kementerian Pertahanan, menggunakan akronim untuk kendaraan udara tak berawak.

Sistem itu dapat menjatuhkan benda terbang apa pun, termasuk drone, mortir, roket, rudal balistik, kata Rotem, seraya menambahkan bahwa mereka berharap prototipe berfungsi dalam tiga hingga empat tahun ke depan.

Video yang dirilis Israel menunjukkan sistem laser di bagian belakang pesawat kecil, mengarahkan sinar energi ke drone uji coba, yang tampaknya melubangi dan membakarnya.

Tes laser udara ini berupa aksi mencegat drone dari jarak satu kilometer (3.280 kaki), tetapi begitu beroperasi, pengembang mengklaim bisa mencapai target sejauh 20 kilometer, kata Rotem dikutip dari AFP.

Lasernya, kata Rotem, menggunakan teknologi pertahanan udara Israel yang sudah bada untuk melacak dan mengunci targetnya, lalu menembakkan sinar laser 100 kilowatt yang akan menjatuhkannya.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved