Breaking News:

Tol Yogya Solo

UPDATE Tol Yogya-Solo, Pemda DIY Tunggu Berkas Pengajuan IPL trase Yogyakarta-YIA-Purworejo

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menerima berkas perubahan jalur tol Yogyakarta-Solo seksi III yakni Yogyakarta

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
Jasa Marga
ILUSTRASI - Proyek Tol Yogyakarta-Bawen-Solo 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menerima berkas perubahan jalur tol Yogyakarta-Solo seksi III yakni Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA)-Purworejo.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi terkait pengubahan jalur terbaru setelah tiga kali mengalami sanggahan dari beberapa kalangan masyarakat.

"Informasi yang saya dapat dari pengelola sudah punya keputusan untuk jalurnya. Tinggal nanti disampaikan ke gubernur. Lalu timnya Pak Gubernur akan melakukan evaluasi untuk penerbitan IPL," katanya, kepada wartawan, Minggu (20/6/2021).

Baca juga: Musim Kemarau, Lahan Pertanian Gunungkidul Disebut Masih Aman dari Kekeringan

Aji menjelaskan, Pemda DIY meminta supaya pihak pengelola secepatnya menyerahkan berkas pengajuan pengubahan jalur tol seksi III sepanjang 30,77 Km itu.

"Harus lebih cepat supaya pembebasan lahannya juga cepat," jelasnya.

Karena tim pengadaan lahan belum melakukan presentase ulang atas pengubahan trase tol seksi III tersebut, Pemda DIY belum memastikan kapan proses pembebasan lahan akan dimulai.

"Kan belum dipresentasikan ke kami, jalurnya jadi lewat mana. Kalau sudah jadi, IPL tugasnya panitia persiapan untuk sosialisasi," ungkap Aji.

Namun demikian, Aji menegaskan bahwa tahun ini sangat dimungkinkan untuk penerbitan IPL jalur tol yang melintas di Desa Mlangi, Kecamatan Gamping, Sleman itu.

Baca juga: CBT UM UGM 2021: Bersaing Sengit, Sebanyak 36.470 Peserta Memperebutkan 3.240 Kursi

Terkait kesepakatan antara pemerintah dengan investor atas pengubahan jalur itu, Aji menjelaskan tidak ada persoalan yang berdampak negatif dari rencana pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

"Informasinya (investor) sudah disepakati. Hanya ada sedikit pembenahan kecil kemudian disampaikan ke Pak Gubernur," ujarnya.

Secara keseluruhan, pemerintah DIY tinggal menunggu berkas pengajuan IPL untuk trase Yogyakarta-YIA-Purworejo itu.

Setelah berkas tersebut masuk, tim dari BPN dan Dispertaru DIY akan melakukan sosialisasi dan menanti sanggahan dari pemilik lahan. (hda)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved