Breaking News:

Sirkuit Nasional Wushu Taolu 2021 Tahap II Digelar Virtual untuk Seleksi Atlet

Sirkuit Nasional (Sirnas) cabang olahraga Wushu Taolu 2021 Tahap II kembali digelar. Kali ini Yogyakarta dipilih oleh PB Wushu Indonesia

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Pembukaan Sirnas Wushu Taolu 2021 tahap II secara luring di Crystal Lotus Hotel dan disiarkan online. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sirkuit Nasional (Sirnas) cabang olahraga Wushu Taolu 2021 Tahap II kembali digelar. Kali ini Yogyakarta dipilih oleh PB Wushu Indonesia sebagai tuan rumah.

Sirnas yang juga bekerja sama dengan Penda Wushu DIY, iakan diselenggarakan pada 19 sampai 26 Juni 2021 mendatang.

"Sirnas kali ini kita gelar dengan konsep virtual sebanyak. Sementara untuk peserta telag terdaftar sekita 45 atlet wushu dari Pengprov Wushu se-Indonesia. Masing-masing atlet akan tampil secara live di 30 titik yang berbeda di beberapa provinsi," jelas Ketua Panitia Penyelenggara Andi S dalam pembukaan event, Sabtu (19/6/2021) malam di Crystal Lotus Hotel.

Baca juga: Satpol PP Gunungkidul Bubarkan Hajatan di Paliyan Karena Dinilai Langgar Protokol Kesehatan

Selain itu, ajang Sirnas ini juga akan dijadikan media seleksi atlet nasional.

Adapun, acara dengan prokes terbatas ini juga disiarkan  online melalui Youtube INA WUSHU Channel.

"Atlet yang bertanding terdiri atas 78 Senior 110 Junior A, 152 Junior B, dan 109 Junior C dengan juri-juri nasional. dan internasional," jelasnya.

Wakil Ketua I Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) ini menyebutkan  Sirnas Wushu Taolu 2021 Tahap I sebelumnya sudah dilaksanakan Maret 2021, kemudian untuk Tahap III rencana November 2021.

Hadir dalam pembukaan, Bapak Wushu Indonesia Mayjend (Purn) IGK Manila, Ketua Pengda Wushu DIY Muwardi Gunawan dan Ellyn Subiyanti, dari KONI dan tamu undangan lainnya diantaranya Brigjen TNI Ujang Marteniz, Denpomdem IV Kolonel CPM Widyo Wahyono, Dandim Sleman Letkol Arief yang mendapatkan cinderamata dari PBWI.

Sementara Ketua Umum Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual mengapresiasi pembinaan atlet dengan inovasi baru di masa pandemi dengan disiplin prokes. 

"Selain untuk Kejuaraan Dunia Junior Wushu 2022 dengan Indonesia sebagai tuan rumah, atlet yang terpilih Juara 1, 2, 3 bisa mengikuti Pelatihan Jangka Panjang (PJP) Pelatnas dalam persiapkan even internasional lainnya seperti Asian Games 2026 & 2030, serta Olimpiade 2032," jelasnya.

Baca juga: Kebutuhan Tinggi, Penjual Sate Kambing di Bantul Terpaksa Datangkan Kambing dari Temanggung

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali juga hadir  virtual dan secara resmi membuka event. 

"Wushu termasuk 14 cabang olah raga (cabor) unggulan Indonesia sehingga pembinaan atlit wushu sejak usia dini harus dilakukan terencana, terarah, dan  sinergis," tegasnya.

Menpora berharap atlet wushu bisa berbicara di kancah Internasional. 

"Indonesia juga turut mendorong  cabor Wushu dipertandingkan dalam Olimpiade 2032. Saat ini wushu ada di 152 negara dan 5 benua," tukasnya. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved