Breaking News:

Pendidikan

UPNVY Terima 1.822 Peserta SBMPTN 2021, Maba Wajib Punya Jati Diri Bela Negara

Pada tahun 2021 ini jumlah pendaftar di UPNVY melalui jalur SBMPTN mencapai sebanyak 26.769 orang.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Maruti Asmaul Husna Subagio
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) menerima hanya 1.822 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Dr Mohamad Irhas Effendi MSi selaku Rektor UPNVY menjelaskan, pada tahun 2021 ini jumlah pendaftar di UPNVY melalui jalur SBMPTN mencapai sebanyak 26.769 orang.

Dengan rincian, pendaftar untuk Program Studi (Prodi) Sains dan Teknologi (Saintek) mencapai 13.443, dan pendaftar untuk Prodi Sosial dan Humaniora (Soshum) ada 13.326 pendaftar.

"Mahasiswa baru patut berbangga karena UPNVY adalah kampus yang memiliki jati diri Bela Negara. Sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh para pejuang veteran karena ingin memberikan sumbangsihnya bagi dunia pendidikan di Indonesia," ujarnya, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: UPNVY dan Tomsk State University Gelar Webinar Daring, Perkuat Hubungan Rusia-Indonesia

Dia mengklaim, melihat dari jumlah pendaftar dan diterima, terlihat bahwa kuantitas dan kualitas pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa UPNVY terus meningkat.

Irhas menegaskan, mahasiswa baru UPNVY harus memiliki jati diri bela negara.

Sehingga, selama studi, mahasiswa diharapkan memegang teguh lima prinsip dasar bela negara, yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, dan memiliki kemampuan awal bela negara.

Bela negara yang dimaksud bukanlah mengangkat senjata, tapi pengabdian kepada negara sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Ditambahkannya, mahasiswa baru UPNVY harus memahami kalimat 'Widya Mwat Yasa' dalam lambang UPNVY yang artinya pengetahuan baru bermanfaat jika disumbangkan untuk kemajuan bangsa.

Baca juga: UPNVY Siap Cetak Humas Berkualitas dan Kompeten di Bidangnya untuk Edukasi Masyarakat 

“Mahasiswa baru wajib mengaplikasikan nilai-nilai bela negara saat menempuh pendidikan, supaya itu menjadi budaya ketika menekuni profesinya kelak,” bebernya.

Hal itu perlu dilakukan agar bela negara terpatri di sanubari dan setiap keluarga besar UPNVY harus menjadi pionir dalam membela NKRI serta lebih mengutamakan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Sementara itu, Dr Hendro Wijanarko MS selaku Penanggung Jawab PMB UPNVY menyampaikan bahwa pada tahun ajaran baru 2021 ini kuota mahasiwa baru (maba) di UPNVY adalah 3.640 kursi.

Dengan perincian 728 maba diterima melalui jalur SNMPTN, dan 1.822 maba melalui SBMPTN. Kemudian, 1.090 maba diterima melalui jalur Seleksi Mandiri (SM). ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved