Breaking News:

Update Corona du Magelang

Tren Kasus COVID-19 di Kabupaten Magelang Meningkat, Didominasi Klaster Keluarga

Dari empat wilayah yang menjadi klaster, tiga di antaranya penularan melalui klaster keluarga sedangkan satu lainnya dari klaster jemaah.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
dok.istimewa
Ilustrasi Covid-19 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang menyebutkan tren COVID-19 di wilayahnya mengalami kenaikan yang didominasi penularan dari klaster keluarga.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo mengatakan, dari beberapa kasus penularan ada empat wilayah yang menjadi klaster.

"Betul ditemui klaster baru di empat wilayah tercatat pada 10 Juni 2021. Di mana, terjadi di daerah Mertoyudan, Tempuran, Srumbug, dan Secang," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Senin (14/06/2021).

Adapun penyebaran penularan COVID-19, lanjutnya, pada empat wilayah terpapar setelah ditelusuri didominasi klaster keluarga.

Tak hanya itu,  penularan juga terjadi pada klaster jemaah.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kabupaten Magelang 13 Juni 2021: 85 Kasus Baru, 6 Pasien Sembuh, dan 3 Meninggal

"Dari empat wilayah itu, tiga di antaranya penularan melalui klaster keluarga sedangkan satu lainnya dari klaster jemaah. Saat ini, masyarakat yang berada di wilayah tersebut sudah kami minta untuk melakukan isolasi atau karantina mandiri. Untuk saat ini, kami belum lakukan lockdown," terangnya.

Sementara itu di tengah kenaikan tren COVID-19.

Pihaknya mengklaim untuk ketersediaan  tempat tidur (TT) untuk pasien terkonfirmasi masih mencukupi.

Di mana, terdapat empat rumah sakit yang dijadikan sebagai rujukan dalam penanganan COVID-19, di antaranya RSU Muntilan, RS Merah Putih, RS Aisyiyah Muntilan, dan RSU Syubbanul Waton.

"Dari pendataan kami tingkat ketersediaan TT di Kabupaten Magelang masih mencapai 47,01 persen. Sehingga, masih mencukupi untuk menampung para pasien," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved